Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Informatika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka | 2023/2024

Perangkat Ajar Informatika SMA. Setelah belajar Informtika Kelas 10 SMA di harapkan siswa mampu dan mengerti sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat lunak, perangkat keras, dan pengguna. 

Selain itu siswa juga diharapkan dapat menerapkan keamanan dalam menghubungkan perangkat ke jaringan lokal dan internet, mengumpulkan dan menggabungkan data dari berbagai sumber baik secara manual atau otomatis dengan alat yang sesuai, memahami fitur canggih, otomatisasi, serta integrasi aplikasi perkantoran.

Dalam pembelajaran Informatika Kelas 10 SMA siswa juga di harapkan mampu menerapkan strategi algoritma standar untuk mengembangkan program komputer yang terstruktur dalam bahasa pemrograman prosedural teks sebagai solusi atas masalah berbagai bidang yang mengandung data diskrit yang besar, bekerja sama untuk menyelesaikan suatu masalah kompleks dengan mengembangkan (merancang, mengimplementasikan, memperbaiki, menguji) artefak komputasional yang berhubungan dengan bidang lain sesuai aturan proses rekayasa, serta mengkomunikasikan rancangan produk, produk, dan prosesnya secara lisan dan tertulis, memahami sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami hak cipta, lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan, dan sosial dari produk TIK, mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait Informatika serta peran Informatika pada bidang lain.

Elemen Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 10

Menerapkan strategi algoritmik umum pada kehidupan sehari-hari dan mengimplementasikannya dalam sistem komputer, untuk menghasilkan beberapa solusi masalah dengan data diskrit yang besar.

Menggunakan berbagai aplikasi secara efisien dan optimal untuk berkomunikasi, mencari sumber data yang akan diolah menjadi informasi, baik di dunia nyata maupun di internet, serta memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomatisasinya untuk menggabungkan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai bentuk yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

Memahami peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

Menguraikan internet dan jaringan lokal, komunikasi data melalui HP, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), enkripsi untuk melindungi data saat menghubungkan perangkat ke jaringan lokal atau internet yang tersedia.

Menguraikan aspek privasi dan keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data, memodelkan data dalam berbagai bidang, menerapkan seluruh siklus pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis, dan interpretasi data, publikasi) dengan menggunakan alat yang sesuai, menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya.

Menerapkan praktik terbaik konsep pemrograman procedural dalam salah satu bahasa pemrograman procedural dan dapat mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lainnya, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.

Mendeskripsikan dan mengambil pelajaran dari Informatika perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya; menjelaskan hak kekayaan intelektual dan lisensi, aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan dan sosial dari produk TIK, serta mampu menjelaskan berbagai bidang studi dan profesi bidang informatika serta peran informatika pada bidang lain.

Bergotongroyong dalam tim inklusif untuk mengerjakan proyek bertema informatika sebagai solusi persoalan masyarakat, mulai dari mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer berdasarkan strategi algoritma yang sesuai, dan mengkomunikasikan secara lisan maupun tertulis produk, proses pengembangan solusi dan manfaat solusinya bagi masyarakat.

Perangkat Ajar Informatika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat guru,..!!!

Sebagai pendididik Informatika kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK dalam kurikulum merdeka, tentunya anda diharapkan untuk membuat Perangkat Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka sebagai bagian dari dokumen administrasi pembelajaran.

Untuk itu sengaja admin membagikan Perangkat Informatika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini untuk membantu dan memudahkan anda dalam membuat Perangkat Ajar Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Tentu saja Perangkat Informatika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini dapat anda unduh dan diedit oleh anda karena Perangkat Informatika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini berformat Ms Word.

Bagi anda pendidik Informatika kelas 10 yang ingin mengunduh Perangkat Informatika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka, tautan unduh kami sediakan di sini.

Unduh Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Informatika Kelas 10 Semester 1 dan 2 :

  1. Cover | Unduh
  2. Alokasi Waktu | Unduh
  3. Analisis Keterkaitan CP/TP | Unduh
  4. Analisis Kompetensi | Unduh
  5. Analisisis SKL | Unduh
  6. Pemetaan Kompetensi & Penilaian | Unduh
  7. Penetapan IPK | Unduh
  8. KKTP/KKM Unduh
  9. Jurnal Mengajar | Unduh
  10. Program Semester | Unduh
  11. Program Tahunan | Unduh
  12. ATP/Silabus | Unduh
  13. Modul Ajar/RPP | Unduh
  14. Buku Paket Merdeka | Unduh