Skema (Bagan) Pertandingan Sistem Gugur (Jumlah Peserta 4 s/d 8)

Pada prinsipnya sistem pertandingan menggunakan sistem gugur di bedakan menjadi dua macam, yaitu sistem gugur tunggal dan sistem gugur ganda. Yang membedakan antara kedua jenis sistem pertandingan ini yaitu jika pada sistem pertandingan gugur tunggal peserta yang kalah langsung tersingkir, sedangkan pada sistem gugur ganda peserta akan gugur jika mengalami kekalahan sebanyak dua kali.

Tapi pada postingan kali ini kami tidak ingin membahas kedua jenis sistem gugur diatas, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan skema (bagan) pertandingan untuk sistem gugur tunggal.
Adapun jumlah peserta dalam skema pertandingan yang kami contohkan dalam postingan kali ini kami batasi dari 4 - 8 peserta.

Catatan :

  • Dalam membuat bagan pertandingan, antara bagan atas dan bagan bawah harus seimbang. Misal, jika jumlah peserta 8 maka bagan atas 4 team dan bagan bawah 4 tim, jika peserta ganjil misal 7 peserta maka bagan atas 4 bagan bawah 3.
  • Patokan dasar dalam membuat bagan pertandingan yaitu 2, 4, 8, 16, 32 dst,..
  • Jika peserta tidak pas dengan patokan, maka gunakan patokan terdekat dari jumlah peserta

1. Bagan (Skema) Pertandingan Dengan 4 Peserta

Dalam skema pertandingan 4 peserta, masing - masing tim akan bertanding sebanyak 2 kali untuk memperebutkan posisi ke 1, 2, 3 dan 4. Tim yang menang pada pertandingan sebaelumnya akan saling berhadapan untuk memprebutkan posisi ke 1 (juara) yang kalah tentu posisi ke 2, sedangkan peserta yang kalah pada pertandingan pertama akan saling berhadapan untuk memperebutkan posisi 3. Jadi dalam membuat bagan ini silahkan anda pasangkan lawan satu lawan satu dengan posisi berbeda bisa ke bawah atau kesamping.

Berikut adalah contoh bagan pertandingannya.
Malas bikin bagan pertandingan? untuk yang ingin download file kosong dari bagan pertandingan 4 peserta ini silahkan klik link downloadnya di bawah ini!


2. Bagan (Skema) Pertandingan Dengan 5 Peserta

Dalam bagan (skema) pertandingan dengan jumlah 5 peserta, disini terdapat jumlah peserta yang ganjil. Maka dalam membuat bagan anda harus mengambil patokan dasar membuat bagan yang terdekat (Patokan bagan pertandingan di antaranya 4, 8, 16, 32 dst). Jadi berdasarkan patokan tadi untuk jumlah 5 peserta maka patokannya kita pilih yang empat peserta, yang artinya ada tim yang bertanding dulu dalam babak pendahuluan/penyisihan bukan di bye.

Lihat gambar, PJOK vs PPKn adalah tim yang menjalani babak pendahuluan.
Malas bikin bagan pertandingan? untuk yang ingin download file kosong dari bagan pertandingan 5 peserta ini silahkan klik link downloadnya di bawah ini!


3. Bagan (Skema) Pertandingan Dengan Jumlah 6 Peserta

Untuk bagan pertandingan dengan 6 peserta, karena posisi patokannya berada ditengah - tengah antara 4 & 8 silahkan anda pilih patokan mana yang anda inginkan boleh yang 4 ataupun 8. Jadi jika anda memilih 8 sebagai patokannya, maka ada dua tim yang mendapat bye, tapi jika anda memilih yang 4 sebagai patokannya, maka ada 4 tim yang menjalani ronde pendahuluan seperti yang saya contohkan pada gambar di bawah ini.
Malas bikin bagan pertandingan? untuk yang ingin download file kosong dari bagan pertandingan 6 peserta ini silahkan klik link downloadnya di bawah ini!


4. Bagan (Skema) Pertandingan Dengan Jumlah 7 Peserta

Untuk bagan (skema) pertandingan dengan jumlah 7 peserta, kita pilih patokan yang terdekat yaitu 8. Jadi disini ada satu tim yang tidak mempunyai lawan, artinya akan ada satu tim yang mendapat bye.
Seperti yang saya contohkan pada gambar berikut, team 1 mendapat bye dan langsung lolos kebabak selanjutnya.


Malas bikin bagan pertandingan? untuk yang ingin download file kosong dari bagan pertandingan 7 peserta ini silahkan klik link downloadnya di bawah ini!


5. Bagan (Skema) Pertandingan Dengan Jumlah 8 Peserta

Karena jumlah 8 peserta pas dengan patokan yang ada, anda hanya tinggal memasangkan tim yang ada. 4 tim bagan atas dan 4 tim bagan bawah. tim yang menang lolos kebabak selanjutnya untuk saling bertanding. Berikut contoh gambarnya!
Malas bikin bagan pertandingan? untuk yang ingin download file kosong dari bagan pertandingan 8 peserta ini silahkan klik link downloadnya di bawah ini!

Itulah contoh dan cara membuat bagan pertandingan dengan jumlah peserta 4 sampai dengan 8. Jika kurang jelas atau belum paham silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, baca juga postingan lainnya dengan jumlah peserta 9 s/d 16. Wassalamu'alaikum,.....!!!