Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi, Soal, Jawaban [B. Indonesia] Kelas [8] Semester 2

Unduh Kisi-Kisi, Soal, Jawaban [B. Indonesia] Kelas [8] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 # ﷽ # Membuat kisi - kisi pembelajaran memang terkadang melelahkan, karena kita harus memperhatikan beberapa aspek supaya kisi - kisi yang kita buat sesuai dengan kompetensi dasar, indikator dan juga materi yang di ajarkan.

Terlebih lagi kita juga harus memperhatikan level kognitif dari masing - masing soal yang akan di buat. Berdasarkan Benjamin S Bloom, level kognitif terbagi atas 3 tingkatan yaitu:
  1. Level 1: Menghafal/Mengingat (C1) dan Memahami (C2). 
  2. Level 2: Mengaplikasikan/Implementasi (C3). 
  3. Level 3: Analisis (C4), Evaluasi (C5), dan Membuat (C6)
Pada dasrnya, kisi - kisi dan soal di buat untuk melakukan Penilaian. Penilaian hasil belajar dilakukan secara terpadu sebagaimana dijelaskan di Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan, bahwa maksud terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

Secara garis besar, Fungsi Penilaian hasil belajar, diantaranya adalah:
  1. Alat untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
    Dengan fungsi ini maka penilaian harus mengacu pada rumusan tujuan pembelajaran sebagai penjabaran dari kompetensi mata pelajaran.
  2. Umpan balik bagi perbaikan proses belajar mengajar.
    Perbaikan mungkin dilakukan antara lain: dalam hal tujuan pembelajaran, kegiatan atau pengalaman belajar siswa, strategi pembelajaran yang digunakan guru, media pembelajaran.
  3. Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tuanya.
    Dalam laporan tersebut dikemukakan kemampuan dan kecakapan pelajar siswa dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran dalam bentuk nilai-nilai prestasi yang dicapainya.
Dalam melakukan penilaian hasil belajar, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu:
  1. Penentuan tujuan tes,
  2. Penyusunan Kisi-kisi tes,
  3. Penulisan Soal,
  4. Penelaahan Soal (validasi soal),
  5. Perakitan soal menjadi perangkat tes,
  6. Uji coba soal termasuk analisisnya,
  7. Bank Soal
  8. Penyajian tes kepada siswa
  9. Skoring (pemeriksaan jawaban siswa)

Pengertian Kisi-Kisi

Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau yang hendak disusun. Kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. 

Wujudnya adalah sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Tiap kotak diisi dengan bilangan yang menunjukkan jumlah soal (Suharsimi, 2006). 

Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

Fungsi Kisi-kisi

Adapun fungsi dari kisi-kisi soal adalah sbb:
  1. Panduan/pedoman dalam penulisan soal yang hendak disusun. Pedoman penulisan soal meurupakan aspek tepenting ketika guru hendak memberikan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal.
  2. Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes. Tes merupakan bahan evaluasi guru terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi peserta didik akan memberikan soal tes evaluasi yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan pencapaian evalusi terhadap pem-belajaran tertenu. Dalam pembuatan soal yang menggunakan kisi-kisi  penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.
  3. Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannya segi cakupan materi yang ditanyakan. Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.

Penulisan Kisi-kisi

Penulisan kisi-kisi soal adalah kerangka dasar yang dipergunakan untuk penyusunan soal dalam evaluasi proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan kisi-kisi soal ini, maka seorang guru dengan mudah dapat menyusun soal-soal evaluasi. Kisi-kisi soal inilah yang memberikan batasan guru dalam menyusun soal evaluasi.

Dengan kisi-kisi penulisan soal maka tidak akan terjadi penyimpangan tujuan dan sasaran dari penulisan soal untuk evaluasi penulisan soal. Guru hanya mengikuti arah dan isi yang diharapkan dalam kisi-kisi penulsan soal yang dimaksudkan.

Dalam penulisan kisi-kisi soal, guru harus memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Nama sekolah
  2. Satuan pendidikan
  3. Mata Pelajaran
  4. Kelas / Semester
  5. Kurikulum Acuan
  6. Alokasi Waktu
  7. Jumlah Soal
  8. Penulis / Guru mata pelajaran
  9. Standar Kompetensi
  10. Kompetensi Dasar
  11. Materi Pembelajaran
  12. Indikator Soal
  13. Bentuk Soal
  14. Nomor Soal

Penentuan dan Penyebaran Soal

Sebelum menyusun kisi-kisi dan butir soal perlu ditentukan jumlah soal setiap kompetensi dasar dan penyebaran soalnya. 

Berikut adalah contoh penyebaran soal. Perhatikan gambar berikut.

Format Penulisan Kisi - Kisi

Berikut contoh format yang di gunakan dalam penulisan Kisi - Kisi Pembelajaran.

Kisi-Kisi, Soal & Kunci Jawaban B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester Genap

Bagaimana bapak/ibu guru, sudah paham bukan bagaimana proses pembuatan kisi - kisi yang baik dan benar, tentunya pembahasan singkat diatas bisa menambah wawasan anda bukan.

Masih bingung dalam membuat kisi - kisi dan soal?. Tak perlu bingung, jika anda masih ragu dan kesulitan saat membuat kisi - kisi dan soal, maka admin berikan kepada anda contoh Kisi-Kisi, Soal, Jawaban [B. Indonesia] Kelas [8] Semester 2.

Jika anda merupakan guru kelas 8 dan mengajar Bahasa Indonesia, maka sebagai panduan dan contoh kisi - kisi dan soal, silahkan anda download Kisi-Kisi, Soal, Jawaban [B. Indonesia] Kelas [8] Semester 2 ini. Untuk link downloadnya sendiri admin sematkan di bawah ini.

1. Download Kisi, Soal & Jawaban B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023
📂 Kisi - Kisi B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 💾Download
📂 Butir Soal B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 💾Download
📂 Kunci Jawaban B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 💾Download

2. Download Kisi Soal & awaban B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 Th 2021/2022
📂 Kisi - Kisi B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 💾Download
📂 Butir Soal B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 💾Download
📂 Kunci Jawaban B. Indonesia Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 💾Download

Itulah contoh kisi - kisi & soal B. Indonesia kelas 8 SMP/MTs yang dapat anda unduh. Semoga Kisi-Kisi, Soal, Jawaban [B. Indonesia] Kelas [8] Semester 2 ini berguna untuk sobat gurumapel semua.

Terima kasih atas kunjungan anda di gurumapel, semoga di lain kesempatan anda masih berkenan untuk kembali mampir di blog gurumapel.
Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Kisi-Kisi, Soal, Jawaban [B. Indonesia] Kelas [8] Semester 2"

Kontak Kami

Nama Email * Pesan *