Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka | 2023/2024

Perangkat PJOK SMA Kurikulum Merdeka. PJOK adalah bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Ia merupakan salah satu dari subsistem-subsisistem pendidikan yang bertujuan mencapai sasaran pendidikan melalui aktivitas fisik dan memainkan peran penting dalam mengembangkan kualitas individu Indonesia.

Sesuai dengan UU RI Nomor: II tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan jasmani adalah mengembangkan individu Indonesia secara menyeluruh. Manusia Indonesia secara menyeluruh ini mencakup individu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, kesehatan fisik, kesehatan mental, dan juga memiliki rasa tanggung jawab.

Salah satu pengertian pendidikan jasmani adalah definisi yang dinyatakan dalam Lokakarya Nasional Tentang Pembangunan Olahraga yang menyatakan bahwa: "Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan individu atau anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan teratur melalui berbagai kegiatan fisik untuk mencapai pertumbuhan fisik, kesehatan, dan kebugaran, kemampuan dan keterampilan, kecerdasan dan perkembangan karakter serta kepribadian yang harmonis dengan tujuan membentuk individu Indonesia secara menyeluruh yang berkualitas berdasarkan Pancasila."

Capaian Pembelajaran & Elemen Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 10

Capaian Pembelajaran 

Siswa bisa menunjukkan keterampilan beragam aktivitas jasmani dan olahraga sebagai hasil penilaian pengetahuan yang benar, mengevaluasi dan mempraktikkan latihan untuk meningkatkan kebugaran fisik yang berhubungan dengan kesehatan (health-related physical fitness) dan kebugaran fisik yang berhubungan dengan keterampilan (skills-related physical fitness), menunjukkan perilaku dalam memimpin kelompok kecil untuk melakukan perubahan yang positif, serta bisa mengevaluasi sikap dan kebiasaan sebagai individu yang sehat dan aktif.

Elemen Capaian Pembelajaran

1. Keterampilan gerak

Di akhir tahap ini, siswa dapat menunjukkan kecakapan dalam melaksanakan hasil penilaian kegiatan jasmani dan olahraga, kegiatan senam, kegiatan gerak berirama, dan kegiatan permainan serta kegiatan olahraga air (kondisional) dengan baik.

2. Pengetahuan gerak

Di akhir fase ini, siswa dapat menilai kebenaran, ide, aturan, dan langkah-langkah dalam melakukan evaluasi kegiatan jasmani dan olahraga, kegiatan senam, kegiatan gerak berirama, dan kegiatan permainan dan olahraga air (kondisional).

3. Pemanfaatan gerak

Di akhir tahap ini, murid dapat menilai kenyataan, konsep, prinsip, dan prosedur serta melakukan latihan pengembangan kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related health) dan kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan (physical fitness related skills), berdasarkan prinsip-prinsip latihan (Frekuensi, Intensitas, Waktu, Jenis/FITT) untuk mencapai kebugaran yang baik. Murid juga dapat menunjukkan kemampuan dalam menerapkan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat.

4. Pengembangan karakter

Di akhir tahap ini, murid menunjukkan kemampuan untuk mengontrol dan menyesuaikan perasaan yang mereka rasakan dengan tepat saat menghadapi situasi yang menantang dan menekan, mengembangkan tanggung jawab sosial mereka dalam kelompok kecil untuk melakukan perubahan positif, menunjukkan perilaku yang baik, saling menghormati, dan berpartisipasi dalam kerja kelompok dalam aktivitas fisik atau kegiatan sosial lainnya.

5. Nilai-nilai gerak

Di akhir tahap ini, siswa dapat 'mengidentifikasi prioritas pribadi, mengambil inisiatif untuk mencari dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tujuan di masa depan, mengevaluasi sikap dan kebiasaan untuk menjadi individu yang sehat, aktif, senang menghadapi tantangan, dan menghadapinya dengan cara yang positif dalam konteks aktivitas fisik dengan menunjukkan perilaku yang menghormati diri sendiri dan orang lain.

Perangkat Ajar PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat guru,..!!!

Sebagai guru PJOK kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK dalam kurikulum merdeka, tentunya Anda diharapkan untuk membuat Dokumen Perangkat PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka sebagai bagian dari administrasi pembelajaran.

Untuk itu dengan sengaja admin membagikan Dokumen Perangkat PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini untuk membantu dan mempermudah Anda dalam membuat Perangkat PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka.

Tentu saja Dokumen Perangkat PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini dapat Anda  download dan diedit karena Dokumen Perangkat PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini berformat Ms Word.

Bagi Anda guru PJOK kelas 10 yang ingin mendownload File Dokumen Perangkat PJOK Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka, tautan download File kami sediakan di sini.

Dapatkan File Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka PJOK Kelas 10 Semester 1 dan 2 :

  1. Cover | Dapatkan File
  2. Alokasi Waktu | Dapatkan File
  3. Analisis Keterkaitan CP/TP | Dapatkan File
  4. Analisis Kompetensi | Dapatkan File
  5. Analisisis SKL | Dapatkan File
  6. Pemetaan Kompetensi & Penilaian | Dapatkan File
  7. Penetapan IPK | Dapatkan File
  8. KKTP/KKM Dapatkan File
  9. Jurnal Mengajar | Dapatkan File
  10. Program Semester | Dapatkan File
  11. Program Tahunan | Dapatkan File
  12. ATP/Silabus | Dapatkan File
  13. Modul Ajar/RPP | Dapatkan File
  14. Buku Paket Merdeka | Dapatkan File