Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar PPKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar PPKn SMP. Perangkat Ajar dapat di dafinisikan sebagai sumber daya yang digunakan sebagai panduan atau acuan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari perangkat ajar itu sendiri adalah untuk mencapai kesuksesan guru dalam pembelajaran.

Perangkat sendiri dapat diartikan sebagai kumpulan materi, alat, media, instruksi, dan petunjuk yang digunakan untuk mencapai fungsi yang diinginkan. 

Sedangkan Pembelajaran adalah kerjasama antara pengajar dan pelajar, dengan memanfaatkan semua potensi dan sumber daya yang ada, baik potensi yang berasal dari dalam diri pelajar, seperti minat, keterampilan, dan kemampuan dasar, termasuk gaya belajar dan potensi eksternal pelajar seperti lingkungan, sumber belajar, dan fasilitas sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. (Sanjaya, 2010:26).

Perangkat Ajar PPKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka adalah alat atau perangkat yang dapat digunakan guru Pendidikan Pancasila / PPKn Kelas 9 untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pengajar dan pelajar menyelesaikan kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila / PPKn. 

Perangkat Ajar PPKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka merupakan kumpulan materi pembelajaran PPKn Kelas 9 yang menjadi acuan bagi pengajar dalam melaksanakan pembelajaran PPKn Kelas 9 baik di dalam kelas, laboratorium, dan di luar kelas.

Perangkat Ajar Pendidikan Pancasila / PPKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Unduh Perangkat Ajar PPKn Kelas IX SMP - MTs:

Sebagai gambaran, tiap guru dapat  membuat Perangkat Ajar PPKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka sesuai dengan versinya sendiri yang di sesuaikan dengan kondisi sekolah dan karakter siswanya.