Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat PJOK Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (2023/2024)

Perangkat Ajar PJOK Kurikulum Merdeka. Perangkat Ajar adalah kumpulan sarana (alat bantu) yang digunakan pendidik untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas pendidik dalam kegiatan pendidikan khususnya kegiatan mengajar. Perangkat Ajar terdiri dari beberapa komponen baik itu media, fasilitas, materi, dan pedoman. 

Perangkat Ajar memiliki fungsi agar semua kegiatan mengajar pendidik menjadi lebih efektif, efisien, dan berhasil. Selain itu, kelebihan atau fungsi dari Perangkat Ajar itu sendiri adalah sebagai panduan bagi pendidik dalam proses mengajar.

Dengan bantuan Perangkat Ajar ini, pendidik dapat lebih mudah menyelesaikan tugas-tugas pengajaran. Karena kontrol dan tujuan yang jelas dapat membuat pendidik lebih fokus pada pengajaran. Terutama dalam kelancaran operasional kurikulum Merdeka dalam implementasi penguatan profil pelajar pancasila.

Oleh karena itu Perangkat PJOK Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka adalah alat atau sarana yang digunakan untuk melatih murid dalam pembelajaran PJOK Kelas 8 SMP. Perangkat Ajar PJOK ini sendiri adalah panduan guru PJOK untuk melakukan pengajaran baik di kelas atau di luar kelas.

Tapi sebelum anda mendownload Perangkat Ajar PJOK Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka ini di bagian akhir artikel, kami jelaskan apa saja yang mesti di buat dalam perangkat pembelajaran di kurikulum merdeka.

Dokumen Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah beberapa bagian yang harus di buat guru dalam perangkat ajar kurikulum merdeka:

1. Alokasi Waktu

Pengalokasian waktu adalah durasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan di dalam ruang kelas, lapangan atau laboratorium yang terbatas oleh batasan alokasi waktu yang ketat biasanya dilakukan dengan membandingkan pelaksanaan beberapa program yang berbeda dalam jumlah waktu yang serupa.

2. Analisis CP & TP

Capaian Pembelajaran (CP) adalah keterampilan belajar yang harus dikuasai siswa pada setiap tahap perkembangan. Capaian Pembelajaran meliputi sekelompok keterampilan dan ruang lingkup materi, yang disusun secara menyeluruh dalam bentuk cerita.

Tujuan Pembelajaran (SP) adalah penjelasan pencapaian tiga elemen keterampilan (pengetahuan, keahlian, sikap) yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih aktivitas belajar.

3. Program Semester

Program Semester adalah suatu jadwal kegiatan pembelajaran selama satu semester yang diatur dalam suatu penyebaran alokasi waktu.

4. Program Tahunan

Program tahunan adalah rencana kegiatan pembelajaran secara keseluruhan yang dibuat dalam periode satu tahun dengan mempertimbangkan analisis kurikulum dan perhitungan minggu efektif.

5. KKTP (KKM)

KKTP adalah rangkaian kriteria atau petunjuk yang menunjukkan sejauhmana peserta didik sudah mencapai kompetensi tertentu pada tujuan pembelajaran yang telah dilaluinya. KKTP memiliki fungsi untuk membantu guru merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik.

6. ATP (Silabus)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah serangkaian Tujuan Pembelajaran yang disusun secara teratur dan rasional dalam proses pembelajaran agar siswa dapat mencapai Capaian Pembelajaran.

8. Modul Ajar

Modul Ajar (MA) di definisikan sebagai dokumen yang berisi sasaran, langkah-langkah, dan alat pembelajaran, serta evaluasi yang diperlukan dalam satu unit/topik berdasarkan ATP.

Perangkat Ajar PJOK Kelas 8 SMP - MTs Kurikulum Merdeka

Pengunjung yang berbahagia,..

Di momen yang bahagia ini, admin update Perangkat Ajar PJOK Kelas 8 Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka untuk anda.

Dimana kami jelaskan sebelumnya, Perangkat Ajar PJOK Kelas 8 Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka ini terdiri dari beberapa dokumen, umumnya dokumen Perangkat Ajar PJOK Kelas 8 Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka ini mimiliki Format Ms Word, tetapi untuk Modul Ajar kami buat RAR agar anda mudah mendownloadnya.

Sebagai gambaran untuk anda pula, mungkin yang namanya perangkat ajar tiap guru berbeda - beda, karena memang yang namanya perangkat ajar di kembangkan oleh guru berdasarkan karakter siswa atau peserta didiknya. Jadi alangkah lebih bagusnya jika anda mengembangkan perangkat ajar versi anda sendiri.

Untuk teman - teman guru, jika anda akan mendownload Perangkat Ajar PJOK Kelas 8 Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka yang kami buat ini, silahkan akses link download Perangkat Ajar PJOK Kelas 8 Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka di sini.

Perangkat Ajar PJOK Kelas 8 SMP/MTs Semester 1/2 Kurikulum Merdeka

Download Perangkat Ajar PJOK/Penjaskes Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka: