Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PJOK Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024

ATP PJOK SMP - MTs. PJOK bukanlah mata pelajaran olahraga sebagaimana yang dipahami selama ini, bukan pula materi pembelajaran yang  hanya untuk menyempurnakan keterampilan olahraga peserta didik. PJOK merupakan mata pelajaran yang memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk memiliki kebugaran jasmani dan keterampilan jasmani yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar peserta didik dapat melakukan perubahan perilaku aktif, perilaku olahraga dan perilaku sehat. 

Bagaimanapun aktivitas fisik olahraga harus dibarengi dengan sikap yang benar, sehingga hasil yang dicapai optimal. Pembelajaran disusun berdasarkan berbagai gerakan/latihan tubuh dan upaya kegiatan dalam  menjaga kesehatan, yang cocok untuk peserta didik kelas VIII SMP-MTs. Kegiatan tersebut direncanakan sedemikian rupa agar peserta didik terbiasa melakukan gerakan tubuh dan berolahraga dengan senang hati, karena merasa perlu  dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui aktivitas fisik maupun olah raga dan menjaga kesehatan yang ada.

Inti dari PJOK adalah  belajar bergerak  dan belajar melalui gerak. Tujuan pelajaran PJOK adalah membantu peserta didik menggunakan tubuhnya secara lebih efektif dalam melakukan berbagai keterampilan gerak dasar dan keterampilan kompleks yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari (Firmansyah, 2009: 32).

Pembelajaran PJOK pada jenjang SMP/sederajat harus dilaksanakan sesuai dengan tumbuh kembang anak. Pemilihan model dan strategi pembelajaran tidak lepas dari keberhasilan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang meliputi ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Kesuksesan pembelajaran PJOK tidak bisa lepas dari perencanaan pembelajaran yang di buat guru. Di perlukan konsep nyata dan metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran supaya pembelajaran mencapai tujuan yang di tentuntukan.

Pengertian ATP Kurikulum Merdeka

Sebelum sahabat gurumapel.com men-download ATP PJOK Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, Sahabat semua perlu dulu memahami apa itu ATP. Namun, sebelum membahas Alur Tujuan pembelajaran (ATP) dengan lebih detail, penting untuk memahami terlebih dahulu pengertian alur pembelajaran (AP) & tujuan pembelajaran (TP).

AP adalah susunan target pembelajaran yang disusun dan diatur secara logis sesuai dengan urutan pembelajaran dari awal hingga akhir fase di semua fase pembelajaran. Susunan tersebut disusun secara berurutan seperti rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).

Fungsi AP adalah sebagai panduan bagi guru dan peserta didik untuk mencapai hasil belajar pada akhir fase ini. 

TP menggambarkan pencapaian tiga aspek kompetensi yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran: pengetahuan, keterampilan, dan sikap. TP disusun berdasarkan AP tertentu yang merupakan prasyarat untuk mencapai CP

Dari sini dapat disimpulkan bahwa ATP adalah kumpulan TP yang disusun secara teratur dan logis dalam tahapan pembelajaran untuk membantu peserta didik mencapai Learning Outcome.

ATP PJOK Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2

Perencanaan pembelajaran PJOK di fase awal dapat di tuangkan dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). ATP PJOK Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 kurikulum merdeka memiliki peranan vital karena di susun berdasarkan konsep Tujuan Pembelajaran dan Capaian Pembelajaran PJOK. 

ATP PJOK Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 merupakan komponen dasar dalam pembuatan Modul Ajar PJOK Kelas 8 SMP-MTs. Oleh karenanya gurumapel bagikan ATP PJOK Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 ini untuk anda gratis.

Untuk mempermudah pembuatan Modul Ajar PJOK Kelas 8 bagi bapak - ibu guru PJOK semua, Kami rekomendasikan kepada anda untuk mendownload ATP PJOK Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2. 

Berikut dokumen lengkap ATP PJOK Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024. Silahkan download dan dapatkan file ATP PJOK Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 - 2 di sini.

ATP PJOK]Kelas VIII SMP-MTs Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP PJOK ATP PJOK kelas VIII SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.