Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat IPS Kelas X SMA Kurikulum Merdeka | 2023/2024

Perangkat Ajar IPS SMA. Pendidikan IPS adalah sebuah penyederhanaan dari disiplin ilmu-ilmu sosial, ideologi negara, dan disiplin ilmu lainnya serta isu-isu sosial terkait yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan pada tingkat pendidikan dasar dan menengah.

Di sekolah, IPS merupakan pelajaran yang mempelajari kehidupan sosial yang didasarkan pada materi pembelajaran geografi, ekonomi, sejarah, antropologi, sosiologi, dan tata negara dengan menghadirkan masalah-masalah sehari-hari masyarakat.

IPS adalah pelajaran yang menggabungkan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu sosial yang disusun melalui pendekatan pendidikan dan psikologis serta relevansinya dan signifikansinya bagi peserta didik dan kehidupan mereka. 

IPS dirumuskan berdasarkan realitas dan fenomena sosial yang mencerminkan pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang-cabang ilmu-ilmu sosial (sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya)..

Perangkat Yang di Persiapkan Guru di Kurikulum Merdeka

Dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka, seorang pengajar perlu menyiapkan Modul Ajar sebagai bagian dari Tugas Pokok Pengajar dalam menyiapkan Dokumentasi Administrasi Pengajar. Berikut beberapa dokumen Modul Ajar yang perlu disiapkan

1. Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan adalah kalender yang mencatat secara lengkap alur waktu proses pembelajaran dari awal tahun ajaran baru hingga tahun ajaran berikutnya.

2. Alokasi Waktu

Alokasi waktu didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan untuk memperoleh keterampilan dasar tertentu, dengan memperhitungkan minggu efektif per semester, waktu yang dialokasikan untuk mata pelajaran per minggu, dan jumlah keterampilan per semester. Dengan lamanya waktu tersebut, kegiatan kelas siswa akan lebih terarah.

3. Analisis Capaian Pembelajaran & Tujuan Pembelajaran

Capaian Pembelajaran( CP) adalah keterampilan belajar yang perlu diperoleh siswa pada setiap tahapan, mulai dari tahap dasar pendidikan anak usia dini sampai sekolah menengah atas. Sedangkan tujuan pembelajaran( TP) adalah keterampilan yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

Dengan melakukan analisis CP dan TP, pengajar dapat menentukan tahapan- tahapan atau langkah- langkah per materi pelajaran.

4. Program Tahunan

Program tahunan merupakan rancangan rencana kegiatan belajar mengajar yang tersebar dalam kurun waktu satu tahun pelajaran, dengan memperhatikan analisis kurikulum terkini dan perhitungan minggu efektif.

5. Program Semester

Program semester merupakan bentuk penjabaran dari program tahunan yang menggambarkan pembelajaran dan pencapaian yang akan dicapai selama satu semester. Dengan program semester ini, Anda akan lebih mudah menyelesaikan mata pelajaran yang Anda mampu.

6. KKTP

KKTP merupakan serangkaian kriteria atau petunjuk yang menunjukkan seberapa baik siswa telah mencapai keterampilan tertentu dalam tujuan pembelajaran yang telah dilaluinya. KKTP berfungsi untuk membantu guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan menganalisis penguasaan keterampilan siswa.

KKTP dalam Kurikulum Merdeka sama halnya dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di Kurikulum 2013.

7. Modul Ajar

Modul Ajar adalah sejumlah alat atau petunjuk, metode, pedoman atau panduan yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul Ajar merupakan implementasi alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari hasil pembelajaran dengan tujuan profil pelajar pancasila.

8. ATP

Jika Capaian Pembelajaran (CP) adalah keterampilan yang diharapkan diperoleh siswa pada akhir periode, maka ATP adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dalam fase pembelajaran sehingga siswa mencapai tujuan pembelajaran tersebut sebagai suatu hasil.

Perangkat Ajar IPS Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat guru,..!!!

Perangkat Ajar IPS Kurikulum Merdeka Kelas X SMA/SMK/MA/MAK Semester 1 dan 2 adalah materi pembelajaran yang kami bagikan saat ini.

Jika Anda adalah seorang guru SMA/Sederajat IPS Kelas X, kami merekomendasikan Anda untuk mengSimpan Perangkat Ajar IPS Kurikulum Merdeka Kelas X ini. Karena pastinya dokumen ini akan bermanfaat bagi Anda.

Silakan Simpan di Perangkat komputer anda untuk Perangkat Ajar IPS Kurikulum Merdeka Kelas X, di tautan Simpan perangkat pembelajaran berikut.

Simpan Perangkat Ajar IPS Kurikulum Merdeka Kelas X Semester 1 dan 2 :