Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPS Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka | 2023/2024

Modul Ajar IPS. Kurikulum Merdeka dahulu di sebut kurikulum prototipe merupakan pedoman pembelajaran yang baru diluncurkan di Indonesia pada tahun 2022 dengan penekanan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Adanya program kurikulum merdeka ini merupakan upaya menghidupkan kembali pembelajaran di Indonesia, sebagaimana berbagai kajian dalam dan luar negeri menunjukkan bahwa Indonesia telah lama mengalami krisis pembelajaran. Hal ini terlihat dari rendahnya peringkat pendidikan Indonesia di dunia.

Dalam program kurikulum merdeka, beberapa langkah telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, salah satunya adalah pembuatan modul ajar oleh pemerintah dan guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Modul ajar merupakan perangkat untuk merencanakan tahapan-tahapan pembelajaran. Modul ajar dibangun sesuai dengan tahap penyelesaian siswa dan tahap awal proses pembelajaran. Tujuan utama dalam penerapan modul ajar adalah untuk menentukan struktur yang berorientasi pada tujuan dan pencapaian yang ingin dicapai oleh guru dengan mempertimbangkan karakteristik siswa.

Hal ini juga berlaku untuk Modul Ajar IPS Kelas 10 SMA yang akan dibagikan oleh gurumapel.com dalam pembahasan kali ini.

Penjelasan Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan gabungan dari berbagai cabang ilmu sosial dan humaniora. Interaksi manusia sebagai individu maupun kelompok dengan alam dan lingkungan hidupnya dalam jangkauan ruang dan waktu menjadi fokus kajian IPS.

Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka ini merupakan panduan pembelajaran bagi guru dan peserta didik supaya peserta didik mengenal dan memahami berbagai disiplin ilmu sosial dan humaniora. Oleh karena itu, masing-masing disiplin ilmu disajikan secara independen agar peserta didik lebih mengenal dan memahami karakteristik dan keunikan masing-masing disiplin ilmu.

Tema pertama yang di sajikan dalam Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka adalah mata pelajaran "Sejarah Indonesia" dengan fokus kajian manusia dalam ruang dan waktu. Pada tema pertama, peserta didik dilatih untuk memahami karakter ilmu sejarah sekaligus membangun pola pikir dan keterampilan sejarah, terutama sejarah Indonesia.

Tema kedua dalam Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka adalah mata pelajaran "Sosiologi" dengan fokus kajian individu dan masyarakat dalam konteks masyarakat Indonesia. Meskipun pada bagian awal menyajikan sejarah dan perkembangan sosiologi yang kuat dengan konteks masyarakat Barat, materi pada tema ini mengelaborasi berbagai fenomena sosial masyarakat yang terjadi di Indonesia.

Tema selanjutnya di Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka adalah mata pelajaran "Ekonomi" dengan fokus kajian upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan sumber daya yang terbatas. Pembahasan pada tema ini disajikan dengan konteks Indonesia. Harapannya, hal ini dapat memfasilitasi keterampilan peserta didik dalam berpikir dan bertindak ekonomis secara bijaksana sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Tema keempat di Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka adalah mata pelajaran "Geografi" dengan fokus kajian manusia dalam ruang dan interaksinya dengan alam dan lingkungan. Pada akhir kelas, peserta didik diharapkan memiliki kesadaran akan ruang dan pengelolaan ruang hidupnya, termasuk menjadi warga masyarakat.

Download Modul Ajar IPS Kelas 10 | Kurikulum Merdeka

Halo Guru - Guru IPS,..

Seperti yang kami jabarkan di atas, di pembahasan kali ini kami akan membagikan kepada anda Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka baik untuk Semester 1 maupun semester 2.

Oleh karena itu pantau, perhatikan dan simak dengan seksama karena link download dari Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka akan kami sematkan di bagian tulisan tertentu.

Sama seperti sebelumnya, semua yang kami bgikan di gurumapel.com untuk anda itu gratis, jadi yuk download segera Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka ini.

Ok rekan - rekan guru IPS, silahkan download Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka, link downloadnya kami sematkan di bawah sini ya!.

☑ Download Modul Ajar IPS Kelas 10 Kurikulum Merdeka