Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Biologi Kelas 12 Semester 1 dan 2

Modul Ajar Biologi. Di Kurikulum Merdeka, setiap pengajar perlu memiliki rencana pengajaran untuk membantu mengarahkan proses pengajaran mencapai Capaian Pembelajaran [CP]. Modul Ajar [MA] adalah perangkat pengajaran Kurikulum Merdeka yang digunakan pengajar untuk melaksanakan pengajaran dalam upaya mencapai Profil Peserta Didik Pancasila dan Capaian Pembelajaran [CP].

Modul Ajar [MA] dibuat sebagai penjabaran lebih rinci dari alur tujuan pengajaran (ATP). Dalam Kurikulum Merdeka, konsep Modul Ajar [MA] lebih diartikan sebagai sarana, metode maupun petunjuk yang dirancang dengan sistematis dan menjadi implementasi dari ATP yang merupakan hasil proses pengembangan capaian pembelajaran [CP] dan Profil Peserta Didik Pancasila sebagai sasaran utamanya.

Selain itu, dalam penyusunannya, Modul Ajar [MA] dibuat dengan menyesuaikan fase perkembangan siswa maupun apa yang ingin dipelajari dengan tujuan pengajaran tersebut.

Dalam Modul Ajar [MA] dalam Kurikulum Merdeka diperlukan komponen yang menjadi dasar pelaksanaan dari penyusunannya serta diperlukan sebagai kelengkapan persiapan pelaksanaan pengajaran. Selain itu, komponen yang ada pada Modul Ajar [MA] juga dapat disesuaikan dengan mata pelajaran maupun kebutuhan siswanya.

Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Dalam membuat buku panduan kurikulum merdeka, terdapat beberapa elemen yang perlu diperhatikan sebagai dasar pembuatan buku panduan:

① Identitas Buku Panduan

Dalam identitas Buku Panduan terdapat beberapa unsur seperti nama penulis, tahun pembuatan, institusi pembuat, tingkat sekolah, kelas, dan alokasi waktu yang sesuai dengan jadwal pelajaran di unit kerja.

② Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar diartikan sebagai pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengukur hasil dari perencanaan Buku Panduan.

③ Profil Siswa Pancasila

Profil Siswa Pancasila menjadi tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran yang terkait dengan proses pembentukan karakter siswa yang digambarkan melalui isi atau metode panduan.

④ Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana dalam Buku Panduan adalah media baik peralatan maupun materi yang dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran serta sumber Buku Panduan yang mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, salah satunya seperti pemanfaatan teknologi.

⑤ Target Peserta Didik

Dalam target peserta didik, dibagi menjadi beberapa kelompok target. Pertama, peserta didik biasa atau umum, di mana peserta didik tersebut tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan.

Pemerintah melalui Kemdikbudristek telah menyediakan contoh-contoh ATP dan Buku Panduan walaupun bentuknya masih sangat sederhana. Guru dapat menggunakan atau menyesuaikan contoh-contoh tersebut dengan kebutuhan peserta didik yang dapat diunduh pada situs resmi Kemendikbudristek.

Jika anda memerlukan ATP dan Buku Panduan dengan elemen yang lengkap, maka anda tentunya harus mengunduh di blog kami, gurumapel.com.

Modul Ajar Biologi Kelas 12 Semester 1 dan 2

Sahabat Guru,...!!!

Suatu kebanggaan bagi admin gurumapel.com, diberi kesempatan untuk berbagi Modul Ajar Biologi Kelas 12 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Terlebih lagi jika Modul Ajar yang kami gunakan dapat digunakan oleh bapak - ibu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Sebenarnya Modul Ajar yang kami bagikan tidak hanya bisa digunakan oleh bapak - ibu guru, tetapi siswa juga dapat menggunakan Modul Ajar kami, termasuk Modul Ajar Biologi Kelas 12 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka ini.

Baiklah tak perlu kami jelaskan lebih detail lagi untuk Modul Ajar yang kami bagikan, untuk semua yang ingin mengunduh Modul Ajar Biologi Kelas 12 Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka silahkan unduh di kotak unduh yang telah tersedia.

 Modul Ajar Biologi Kelas 12 Semester 1 (Ganjil)

Modul Ajar Biologi Modul Ajar Biologi Semester 1 Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka

 Modul Ajar Biologi Kelas 12 Semester 2 (Genap)

Modul Ajar Biologi Modul Ajar Biologi Semester 2 Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka