Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP : B. Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1 - 2

Bagi rekan-rekan guru Sekolah Dasar yang akan melaksanakan Kurikulum Merdeka (IKM) pada tahun ajaran 2022/2023, berikut ini kami sediakan file administrasi pendukung IKM. Salah satu dari administrasi ini adalah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas 1 Fase A.

ATP merupakan pengganti silabus yang berisi pengembangan dari Capaian Pembelajaran (CP) atau Kompetensi Dasar di dalam Kurikulum Merdeka. Meskipun mekanisme penggunaannya mirip dengan silabus, ATP memiliki urutan capaian materi yang berbasis pada fase perkembangan siswa dan bertujuan untuk membentuk profil pelajar pancasila.

Penyusunan ATP Bahasa Inggris SD Kelas 1 dimulai dengan analisis CP dan materi yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan siswa pada Fase A. Tujuan dari analisis CP adalah untuk mengembangkan TP dan ATP sebagai rujukan pembelajaran. 

ATP Bahasa Inggris ini nantinya akan dikembangkan kembali ke dalam peta Kompetensi dan digunakan untuk menyusun RPP Merdeka Belajar Bahasa Inggris atau Modul Ajar (MA) Bahasa Inggris.

Kemendikbudristek memberikan kebebasan pada guru dan satuan pendidikan dalam menyusun ATP Bahasa Inggris SD Kelas 1, tetapi tetap harus memperhatikan kriteria dan rambu-rambu yang telah ditetapkan. 

Beberapa poin yang harus dicakup dalam ATP antara lain merujuk pada kompetensi CP, menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran sesuai fase, mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, menggambarkan urutan pengembangan kompetensi siswa, dan berisi dimensi Profil Pelajar Pancasila (PPP). 

Sahabat gurumapel dapat mendownload ATP B. Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka pada akses tautan berikut ini.

ATP Kurikulum Merdeka SD

ATP B. Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1-2


 Download ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2

ATP Bahasa Inggris ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 (Kurikulum Merdeka) Tahun 2023/2024