Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Matematika Kelas 8 SMP Semester 1 dan 2 - 2023/2024

Download ATP Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka. Belajar sangat erat kaitannya dengan proses komunikasi. Seperti halnya dalam pembelajaran matematika, terjadi proses komunikasi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa lainnya. Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses belajar mengajar dengan proses komunikasi antara guru dan siswa. 

Komunikasi yang baik dapat digambarkan sebagai situasi dimana guru dapat memfasilitasi kemampuan siswa untuk mengatur pembelajarannya sendiri dan memahami kebutuhannya (Sholihah dan Mahmudih, 2015). 

Pencapaian tujuan pembelajaran matematika SMP merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang tertulis dalam Lampiran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 58 Tahun 2014 Perihal Kurikulum SMP, dimana tertulis bahwa tujuan siswa mempelajari matematika adalah sebagai berikut:

  1. Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan untuk menjelaskan hubungan antar konsep dan menggunakan konsep dan algoritma secara luwes, akurat, efisien dan akurat dalam menyelesaikan tugas. 
  2. Mengkomunikasikan ide, alasan dan membangun bukti matematika  menggunakan kalimat lengkap, simbol, tabel grafik atau cara lain untuk menjelaskan situasi atau masalah. 
  3. Sikap yang menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu. rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam belajar matematika, serta tekad dan kepercayaan diri dalam memecahkan masalah. 
  4. Mempersiapkan alat-alat praktis sederhana dan hasil teknis untuk melakukan operasi matematika. Keterampilan atau kemampuan ini terkait erat, yang satu memperkuat dan membutuhkan yang lain. 

Salah satu cara  untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama di atas adalah dengan merancang lingkungan belajar yang berpusat pada peserta didik. Menumbuhkan motivasi, minat, kreativitas, prakarsa, inspirasi kemandirian dan semangat belajar siswa (Permendikbud nomor 58, 2014).

Pengertian ATP Kurikulum Merdeka

Sebelum download ATP  Kelas 8 SMP - MTs Matematika Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, kamu harus tahu dulu apa itu ATP. Namun, sebelum membahas alur tujuan pembelajaran (ATP) lebih detail, perlu dipahami terlebih dahulu istilah alur tujuan pembelajaran (AP) dan tujuan pembelajaran (TP).

Alur pembelajaran (AP) adalah urutan tujuan pembelajaran yang disusun dan disusun secara logis  sesuai dengan urutan pembelajaran dari awal hingga akhir fase di semua fase pembelajaran. Rangkaian tersebut disusun secara berurutan seperti rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap hari untuk mengukur hasil belajar (CP). 

Fungsi alur pembelajaran (AP) adalah sebagai pedoman bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar pada akhir fase ini. Hasil belajar (TP) menggambarkan pencapaian tiga aspek kompetensi yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran: pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Tujuan pembelajaran ini disusun menurut urutan pembelajaran tertentu yang merupakan prasyarat untuk mencapai hasil belajar (CPs). 

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah sekumpulan Tujuan Pembelajaran (TP) yang disusun secara teratur dan logis dalam tahapan pembelajaran untuk membantu siswa  mencapai Learning Outcome (CP).

ATP Matematika Kelas 8 SMP - MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Dear guru,..

Untuk membantu merancang pembelajaran Matemtika di satuan pendidikan SMP-MTs, Kami selaku admin bagikan untuk bapak - ibu guru ATP Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 untuk anda. 

Untuk memfasilitasi pembelajaran matematika di Kurikulum Merdeka supaya mencapai Tujuan Pembelajaran (TP), di perlukan konsep dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang jelas yang di dasarkan dari Capaian Pembelajaran (CP), seperti yang terdapat pada ATP Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2.

Langkah kongkret dari admin gurumapel.com dalam membantu bapak-ibu guru yang mengajar Matematika adalah dengan turut andil membagikan ATP Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 yang kami buat ini.

Silahkan download ATP Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 ini, supaya kegiatan belajar mengajar bapak-ibu lebih mudah sehingga akan lebih gampang dalam mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan.

Berikut link download ATP Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2, silahkan kunjungi tautan downloadnya dan miliki dokemen pembelajaran ATP Matematika Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 ini.

ATP [Matematika] Kelas [VIII] SMP/MTs Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Matematika ATP Matematika kelas VIII SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Semester I dan II Tahun Pelajaran 2023/2024.