Tahap - Tahap Pelaksanaan Smash Bola Voli

Smash merupakan senjata paling mematikan dalam permainan bola voli. Kenapa demikian? karena smash adalah jenis pukulan yang di lakukan dengan keras dari atas net dimana jalannya bola kencang dan menukik tajam.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi smash jalan satu - satunya adalah dengan melakukan block. Lalu apa sih block itu sendiri? Block adalah bendungan bola yang di lakukan di pinggir net dengan cara melompat dan menjulurkan tangan keatas untuk menahan bola hasil smash lawan.

Bagus dan tidaknya smash yang di hasilkan tergantung 2 faktor berikut:
  1. Kualitas umpan bola yang di berikan oleh set-upper
  2. kemampuan dari masing - masing Individu, semakin bagus kemampuan Individu maka semakin baik pula smashnya

Secara garis besar proses gerakan dalam melakukan smash dapat di bagi ke dalam 4 tahapan, berikut tahapan - tahapan dalam melakukan smash:

o       Run Up : Lari menjangkau bola

Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau smasher kidal). Langkahkan kaki satu langkah kedepan (pemain yang baik, dapat mengambil ancang² sebanyak 2 sampai 4 langkah), kedua lengan mulai bergerak kebelakang, berat badan berangsur² merendah untuk membantu tolakan.

o       Take Off : Melompat

Langkahkan kaki selanjutnya, hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agak kedepan sedikit untuk mengerem gerak kedepan dan sebagai persiapan meloncat kearah vertical. Ayunkan kedua lengan kebelakang atas sebatas kemampuan, kaki ditekuk sehingga lutut membuat sudut ±110ยบ, badan siap untuk meloncat dengan berat badan lebih banyak bertumpu pada kaki yang didepan.

o       Hitt : Gerakan memukul bola

Jarak bola didepan atas sejangkauan lengan pemukul, segera lecutkan lengan kebelakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin, perkenaan bola dengan telapak tangan tepat diatas tengah bola bagian atas. Pergelangan tangan aktif menghentak kedepan dengan telapak tangan & jari menutup bola. Setelah perkenaan bola lengan pemukul membuat gerakan lanjutan kearah garis tengah badan dengan diikuti gerak tubuh membungkuk. Gerak lecutan lengan, telapak tangan, badan, tangan yang tidak memukul dan kaki harus harmonis dan eksplosif untuk menjaga keseimbangan saat berada diudara. Pukulan yang benar akan menghasilkan bola keras & cepat turun kelantai.

o       Landing : Mendarat

Mendarat dengan kedua kaki mengeper. Lutut lentur saat mendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendarat dengan jari² kaki (telapak kaki bagian depan) dan sikap badan condong kedepan. Usahakan tempat mendarat kedua kaki hampir sama dengan tempat saat meloncat.

Demikian tadi tahapan - tahapan dalam melakukan smash, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

0 Response to "Tahap - Tahap Pelaksanaan Smash Bola Voli"

Posting Komentar