Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Gerakan Melakukan Smash Bola Voli

Tahapan Gerakan Melakukan Smash Bola Voli - Smash merupakan senjata paling mematikan dalam permainan bola voli. Kenapa demikian? karena smash adalah jenis pukulan yang di lakukan dengan keras dari atas net dimana jalannya bola kencang dan menukik tajam.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi smash jalan satu - satunya adalah dengan melakukan block. Lalu apa sih block itu sendiri? Block adalah bendungan bola yang di lakukan di pinggir net dengan cara melompat dan menjulurkan tangan keatas untuk menahan bola hasil smash lawan.



Bagus dan tidaknya smash yang di hasilkan tergantung 2 faktor berikut:
  1. Kualitas umpan bola yang di berikan oleh set-upper
  2. kemampuan dari masing - masing Individu, semakin bagus kemampuan Individu maka semakin baik pula smashnya
Secara garis besar proses gerakan dalam melakukan smash dapat di bagi ke dalam 4 tahapan, berikut tahapan - tahapan dalam melakukan smash:

1. Run Up : Lari menjangkau bola

Berdiri dengan salah satu kaki di depan dan satu dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau smasher kidal). Ketika bola datang dan lepas dari pengumpan atau tosser segera lakukan gerakan menjangkau bola dengan langkah kaki lebar.

2. Take Off : Melompat

Ketika bola dalam jarak jangkauan lakukan tolakan dengan kedua telapak kaki, di susul dengan mengayunkan kedua lengan kebelakang atas sebagai persiapan melakukan pukulan.

3. Hitt : Gerakan memukul bola

Ketika Jarak bola didepan atas sejangkauan lengan pemukul, segera lecutkan lengan kebelakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola. Pukul bola secepat mungkin, perkenaan bola dengan telapak tangan tepat diatas tengah bola bagian atas.

4. Landing : Mendarat

Lakukan pendaratan dengan ujung telapak kaki dimana kedua lutut kaki mengeper dan posisi badan sedikit condong kedepan. Kaki mengeper bertujuan untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai,dan juga untuk menghindari cidera.

Itulah tahapan - tahapan dalam melakukan smash bola voli, fase gerakan ini di lakukan secara berkesinambungan yang arinya tidak terputus sehingga menghasilkan satu rangkaian gerakan yang utuh.