Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PJOK Kelas 9 SMP-MTs Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024

Download ATP PJOK Kelas 9 (Fase D) SMP-MTs Semester 1-2. Kurikulum Merdeka 2023/2024. PJOK bukan merupakan mata pelajaran pembelajaran olahraga seperti yang  selama ini dPJOKhami, juga bukan merupakan bahan pembelajaran yang hanya untuk mengembangkan keterampilan olahraga siswa. PJOK merupakan mata pelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh kebugaran jasmani dan keterampilan jasmani yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar siswa dapat mengubah perilaku aktif, perilaku olahraga dan perilaku sehat. 

Namun aktivitas fisik olahraga harus dibarengi dengan sikap yang benar untuk mencapai hasil yang  optimal. Penelitian ini didasarkan pada gerakan/olahraga tubuh yang berbeda dan  kegiatan pemeliharaan kesehatan yang cocok untuk siswa kelas SMP-MTs Kelas IX. Kegiatan ini direncanakan sedemikian rupa agar siswa terbiasa melakukan gerakan tubuh dan siap berolahraga, karena merasa perlu dan menyadari pentingnya menjaga kesehatan jasmani dan melalui  olah raga serta menjaga kesehatan yang ada.  

Inti dari PJOK adalah belajar bergerak dan belajar melalui gerak. Tujuan pembelajaran PJOK adalah membantu siswa menggunakan tubuhnya secara lebih efektif untuk melakukan berbagai keterampilan gerak dasar dan keterampilan kompleks yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari (Firmansyah, 2009: 32). 

Pembelajaran PJOK/Penjaskes pada jenjang SMP/sederajat harus  sesuai dengan tumbuh kembang anak. Pemilihan model dan strategi pembelajaran tidak lepas dari keberhasilan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang meliputi ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap. 

Keberhasilan pembelajaran PJOK atau Penjaskes tidak  lepas dari Rencana Pembelajaran yang disiapkan oleh guru. Konsep yang tepat dan metode yang tepat sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dapat dilemparkan pada tahap awal perencanaan pembelajaran PJOK. ATP memainkan peran sentral dalam kurikulum merdeka, karena disusun berdasarkan konsep tujuan pembelajaran dan hasil pembelajaran. Di bawah ini contoh lengkap ATP PJOK Kelas 9 SMP-MTs Semester 1 - 2 Tahun 2023/2024. Download dan dapatkan filenya. 

ATP [PJOK] Kelas [IX] SMP/MTs Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP PJOK ATP PJOK kelas IX SMP-MTs (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.