Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah salah satu kunci agar tidak terserang berbagai jenis penyakit. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah melakukan olahraga secara teratur. Terkadang orang enggan berolahraga karena memakan banyak waktu, ribet dan mengeluarkan banyak biaya. Namun, ada olahraga yang tidak memerlukan ongkos yang mahal, hanya dengan modal air mineral pelepas dahaga, setiap orang dapat melakukan olahraga ini. Melakukan olahraga lari setiap pagi merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan banyak orang. Tidak perlu tempat yang khusus untuk melakukan olahraga lari pagi. Hanya dengan tempat yang sedikit longgar dan cukup untuk menapakkan kaki, lari pagi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.


Manfaat Lari Pagi Setiap Hari

Meskipun olahraga lari pagi merupakan jenis olahraga yang murah, namun apabila dilakukan secara rutin, lari pagi memiliki banyak manfaat. Waktu yang dilakukan untuk lari pagi tidak harus memakan waktu yang lama, cukup dilakukan sebentar tetapi rutin, lari pagi dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Cukup dengan waktu 20 menit lari pagi setiap hari, tubuh akan menjadi lebih sehat. Beberapa manfaat dari lari pagi diantaranya yakni :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
Lari pagi setiap hari selama seminggu saja dapat menekan gangguan tekanan darah penyebab penyakit jantung hingga 30%. Dengan lari pagi setiap hari, kolesterol dalam tubuh dapat berkurang sehingga gangguan aliran darah yang diakibatkan karena penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah dapat dikurangi. Dengan begitu, aliran darah ke jantung akan lebih lancar sehingga akan mengurangi risiko penyakit jantung.
  1. Mencegah Impotensi
Memiliki kesehatan reproduksi merupakan keinginan bagi setiap orang. Hanya saja, beberapa pria mengalami masalah reproduksi salah satunya yakni impotensi. Impotensi sebenarnya dapat dicegah sebelum impotensi itu terjadi. Dengan pola makan yang sehat darn lari pagi setiap hari, pria akan terhindar dari gangguan impotensi hingga 83%. Lari pagi dapat mencegah terjadinya impotensi dengan membakar sebanyak 3000 kalori setiap minggunya. Pembakaran kalori inilah yang dapat mengatasi disfungsi ereksi.
  1. Mencegah Dimensia
Dimensia atau kepikunan merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena menurunnya fungsi otak. Dimensia banyak menyerang wanita dibandingkan dengan pria. Dimensia biasanya menyerang wanita pada usia lanjut. Dari penelitian yang pernah dilakukan, lari pagi secara rutin setiap hari dapat mencegah terjadinya dimensia pada wanita. Lari pagi dapat meningkatkan fungsi otak dengan menjaga kemampuan konsentrasi otak dan mempertahankan daya ingat.
  1. Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan
Rutin melakukan lari pagi dapat menjaga organ pernapasan. Beberapa orang yang mengalami masalah pernapasan seperti asma, dapat mencoba lari pagi setiap hari. Dari penelitian yang pernah dilakukan, penderita asma yang melakukan lari pagi secara rutin selama 3 bulan penyakit asma yang mereka alami akan lebih ringan. Penyakit asma akan lebih jarang kambuh setelah melakukan lari pagi secara rutin.
Dengan lari pagi, oksigen yang masuk ke dalam paru-paru juga akan lebih banyak. Hal tersebut dapat memicu untuk bernapas lebih kuat dan lebih pajang. Selain itu, udara pagi juga masih bagus karena tidak menyebabkan paru-paru kemasukan zat kotor yang tercampur di udara.
  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Lari pagi secara rutin setiap pagi dapat membantu pembentukan sel imun dalam tubuh. Pertumbuhan sel imun yang lancar dan tidak terganggu, berfungsi sebagai sel pelindung bagi tubuh. Pertumbuhan sel imun yang baik juga berpengaruh pada daya tahan tubuh. Jika perkembangan sel imun bagus, maka daya tahan tubuh juga akan menjadi bagus. Dengandaya tahan tubuh yang bagus, tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan karena virus maupun bakteri yang menyerang tubuh.
  1. Menjaga Kesehatan Otot
Memiliki otot yang kuat, maka kebugaran tubuh juga akan terjaga. Menjaga kesehatan otot dengan melakukan lari pagi secara rutin dapat meningkatkan massa otot. Otot akan menjadi lebih kuat, hal ini disebabkan karena pada saat lari pagi metabolisme berjalan dengan cepat. Semakin cepat proses metabolisme terjadi, produksi sel otot juga akan lebih baik. sel otot yang sudah tua akan segera digantikan oleh sel otot yang baru sehingga kesehatan otot tetap terjaga.

  1. Mengatasi Masalah Hipertensi
Lari pagi setiap hari akan membantu melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi yang juga disebut dengan hipertensi.

  1. Mencegah Terjadinya Kangker Usus
Kanker apapun itu, penyakit kanker adalah penyakit yang sangat mematikan. Lari pagi secara rutin 5-6 jam tiap minggu dapar mencegah pertumbuhan sel kanker.

  1. Mencegah Risiko Terkena Diabetes
Lari pagi tidak hanya mengurangi kalori dari dalam tubuh, tetapi juga membakar kolesterol dari tubuh. Setelah melakukan lari pagi secara rutin, kolesterol yang menumpuk perlahan agar berkurang. Hal ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. turunnya kadar kolesterol dari dalam tubuh juga akan membantu mencegah tubuh terserang diabetes.

  1. Meningkatkan Stamina
Lari pagi tidak hanya membuang energi, namun juga menghasilkan energi yang diperoleh dari hasil metabolisme tubuh. Tidak perlu melakukan lari pagi dalam waktu yang lama, cukup 20 menit saja, staminta tubuh juga akan meningkat.

  1. Mengatasi Rematik
Lari pagi setiap hari dapat membantu menjaga kelenturan pada bagian persendian. Lari pagi dilakukan dengan menggerakkan kedua kaki. Otot kaki yang lebih lentur dan tidak tegang dapat membantu mengatasi rematik.

  1. Mencegah Terkena Stress
Stress biasanya terjadi karena banyak pikiran baik pikiran pekerjaan maupun memikirkan masalah yang terlalu besar. Stress harus diatasi agar tidak berkepanjangan menjadi lebih parah lagi. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar tidak terkena stress yakni dengan lari pagi. Lari pagi dapat dijadikan aktivitas yang menyenang, karena setiap melakukan lari pastinya akan bercengkrama langsung dengan alam sehingga membuat pikiran lebih fresh.

  1. Menguatkan Tulang
Meluangkan waktu sebentar untuk lari pagi dapat menguatkan tulang. Gerakan lari pagi dapat membantu meregenerasi sel tulang, sehingga sel tulang dapat menjadi lebih sehat.
Lari pagi adalah olahraga ringan yang tidak memerlukan biaya. Hanya dengan waktu 20 menit saja lari pagi secara rutin akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Dibandingkan dengan olahraga lainnya, lari pagi mungkin dapat dijadikan salah satu olahraga yang seharusnya mudah diminati karena simpel dan tidak memakan banyak biaya.