Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Tabel Pada Postingan Blog Dengan Microsoft Word

Banyak blogger pemula yang merasa kesulitan membuat tabel pada postingan blog, apalagi tabel tersebut cukup rumit seperti ada baris atau kolom yang digabung, tebal garisnya berbeda, atau ada warnanya.

Bagi mereka yang sudah paham kode html hal akan lebih memilih untuk mengetikan kode-kodenya sendiri, tapi bagaimana jika kita tidak paham kode-kode tersebut? Ternyata dengan Microsoft Word kita bisa mengetahuai kode tersebut untuk kemudian kita copy paste di postingan blog, berikut adalah caranya:
  • Buka Aplikasi Microsoft Word
  • Buat Tabel Seperti Biasa
    Buat tabel dengan mengklik “insert“, “table“, kemudian tentukan jumlah kolom dan baris, dan jika perlu silahkan sesuaikan tebal garis dan warna sesuai selera.

  • Simpan File Sebagai HTML Sederhana
    Klik “Save As“, kemudian pada bagian “Save As Type” pilih “Web Page, Filtered” kemudian “Save

  • Buka File dan Lihat Kode HTMLnya
    Buka file
     yang telah disimpan tadi melalui browser seperti Google Chrome, kemudian cari tahu kode HTMLnya dengan cara menekan “CTRL+U” atau dengan klik kanan kemudian pilih view page source.

  • Copy Kode HTML ke Postingan Blog
    Copy kode dalam file tersebut dimulai dari kode <table ….> sampai kode </table> dan paste kode tersebut pada postingan blog yang sudah dalam mode penulisan HTML

Hasilnya adalah tabel seperti di bawah ini, selain hasilnya rapi, lebih elegan, cara ini juga termasuk sangat mudah digunakan bahkan bagi blogger pemula.
DUNIA IPTEK
Sains
Teknologi
Sosial Budaya
Download
Download Ebook
Download Software
Biologi
Hardware
Tradisi
Fiksi
Game
Fisika
Software
Kepercayaan
Non Fiksi
Office
Kima
Internet
Humanisme
Tutorial
Utilities
Saya sendiri lebih suka menggunakan cara ini daripada harus repot-repot membuat tabel dengan plugins WordPress, dan karena hanya menggunakan kode maka pengguna Blogspot, Multiply, dan platform yang lain juga bisa melakukannya.