Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar Sosiologi. Guru Sosiologi Kelas 12 SMA, Kami ucapkan syukur karena kami telah berhasil membuat Perangkat Ajar Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka dan akan membagikan Perangkat Ajar Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini untuk anda semua.

Perangkat Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka merupakan panduan mengajar bagi guru baik di kelas ataupun juga di luar kelas. 

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Perangkat Ajar Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka silakan gulir ke bawah .

Konsep Pembelajaran Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari  dinamika sosial dalam masyarakat. Pentingnya mempelajari sosiologi agar dapat menularkan ilmu kepada siswa dalam kehidupan nyata. Sifat masyarakat yang dinamis mendorong perkembangan sosiologi  seiring dengan perubahan sosial dalam masyarakat. 

Oleh karena itu mata pelajaran sosiologi penting untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan adaptasi siswa terhadap perubahan sosial di lingkungannya. Pengenalan konsep, kontekstualisasi masalah, dan rekomendasi pemecahan masalah tidak hanya membentuk aspek kognitif siswa, tetapi juga sikap kritis sosial dan pertimbangan sosial. Proses ini memungkinkan siswa memantapkan diri dan mengembangkan hubungan sosial yang  positif dengan kelompok sosial di masyarakat. 

Kepedulian sosial seorang pelajar terhadap berbagai permasalahan sosial di masyarakat memberdayakan mereka untuk menjadi orang dewasa dan warga negara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, termasuk ruang publik. 

Mata kuliah sosiologi menekankan pada kemampuan berpikir kritis dan analitis. Selain itu, sosiologi mengajarkan keterampilan kolaboratif untuk menumbuhkan kepekaan sosial dan menumbuhkan kepedulian terhadap peserta didik dan komunitasnya. 

Oleh karena itu, pemikiran sosiologis dan keterlibatan sosial  selalu menghayati sebagai warga negara yang baik (civic tanggung jawab). Sosiologi tidak hanya menekankan pada teori, tetapi juga  praktik dalam kehidupan sehari-hari, peran individu sebagai partisipan aktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kelompok sosial. 

Kompetensi yang harus dipenuhi ketika mempelajari mata pelajaran IPS ada empat: (1) Kompetensi Sikap Mental, (2) Kompetensi Sikap Sosial, (3) Kompetensi Pengetahuan, dan (4) Kompetensi Keterampilan.

Perangkat Ajar Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat Pengunjung Guru Mapel,..!!! 

Pengurus gurumapel.com sebagai puji  syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berhasil mengembangkan Perangkat Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka untuk Guru di seluruh Indonesia. 

Perangkat Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka memuat banyak sekali materi-materi terkait pembelajaran Sosialogi seperti ATP, Modul, KKTP, Prota/Promes, CP-TP, SKL, Dll.

Untuk lebih jelasnya kami anjurkan untuk mendownload Perangkat Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang telah kami bagikan di bawah ini. Silahkan download Perangkat Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini dan dapatkan filenya.

Perangkat Ajar Sosiologi Kurikulum Merdeka Kelas 12 SMA Semester 1 dan 2