Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Geografi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Geografi Kelas 11 SMA. Geografi adalah ilmu yang mempelajari kesamaan dan perbedaan fenomena bumi dari segi lingkungan dan kewilayahan dalam konteks ruang. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi disebutkan bahwa geografi adalah ilmu yang mendukung kehidupan sepanjang hayat dan mendorong perbaikan kehidupan.

Luasnya bidang penelitiannya memungkinkan orang mendapatkan jawaban atas pertanyaan tentang dunia di sekitar mereka, dengan fokus pada aspek spasial dan ekologis keberadaan manusia. Keunikan geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial antara manusia dan lingkungan, serta interaksi antara manusia dan tempat.

Sebagai suatu disiplin ilmu yang integratif, geografi menghubungkan dimensi dunia fisik dan dimensi manusia dengan mempelajari keberadaan dan kehidupan manusia pada tempat dan lingkungannya. 

Oleh karena itu, pembelajaran geografi merupakan bagian integral dari interaksi antara pendidik dan peserta didik di lingkungan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu deskripsi dan penjelasan tentang sifat-sifat bumi, analisis fenomena alam dan penghuninya, serta pemerolehan kompetensi yang melibatkan pembelajaran yang dapat dilihat sebagai proses interaktif.

Pembelajaran geografi adalah pembelajaran tentang aspek ruang permukaan bumi yang semuanya merupakan fenomena alam dan kehidupan manusia dengan perbedaan wilayah. 

Pembelajaran geografi adalah pembelajaran tentang karakteristik geografi yang diajarkan di sekolah dan disesuaikan dengan perkembangan intelektual anak pada jenjang pendidikan.

Saat mengajar geografi, guru profesional harus mengambil pendekatan geografis yang mencakup pendekatan ruang, lingkungan, dan lokal.

ATP Geografi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka

Hormat kami untuk anda guru geografi Kelas 11. 

Dalam pelaksanaan IKM, ATP Geografi Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK menjadi kerangka utama pembelajaran Geografi Kelas 11 dan sebagai acuan bagi guru Geografi Kelas 11 dalam melaksanakan pembelajaran.

ATP Geografi Kelas 11 SMA mencakup beberapa unsur pembelajaran geografi seperti tujuan pembelajaran, bahan pelajaran, profil pancasila, kata kunci, daftar istilah, sumber belajar dan penilaian. 

ATP Geografi Kelas 11 Kurikulum Merdeka  memfasilitasi proses pembelajaran dan membantu siswa mencapai hasil belajar karena proses pembelajaran disusun dan direncanakan secara logis berdasarkan tingkatan  atau fase yang dirancang untuk itu. 

Saudara-saudara guru geografi, perlu kita ketahui bersama bahwa ATP geografi Kelas 11 di kurikulum merdeka ini memiliki fungsi yang sama dengan silabus di kurikulum sebelumnya. ATP ini nantinya dapat dikembangkan menjadi RPP atau dalam kurikulum merdeka di sebut dengan Modul Ajar.

Link Download ATP Geografi Kelas 11 SMA

Guru geografi kelas 11,

Silahkan unduh ATP Kelas 11 SMA Geografi ini secara cuma-cuma. Kami telah membuat ATP Geografi Kelas 11 SMA dalam format dokumen MS Word agar mudah diubah.

Tentunya selain mudah untuk diubah, silabus atau ATP Geografi Kelas 11 SMA Merdeka yang kami bagikan ini telah di sesuaikan dengan prinsip - prinsip pembuatan ATP di kurikulum merdeka.

Tautan unduhan dari ATP Geografi SMA Kelas 11 tersedia di sini. Klik link downloadnya untuk mengunduh dokumen ATP Geografi Kelas 11 SMA Merdeka Semester 1 dan 2 ini.

ATP Geografi Kelas XI SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Geografi ATP Geografi Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.