Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7 Th 2023/2024 (K13)

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kurikulum 2013Proses pembelajaran menurut Jazuli dalam bukunya (Jazuli 2008: 137) di definisikan sebagai usaha yang dilakukan untuk mencapai perubahan perilaku sebagai hasil dari belajar. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungannya. Proses pengajaran adalah istilah lain dari proses pembelajaran.

Proses pembelajaran berlangsung antara guru dan siswa. Namun, dalam kegiatan pembelajaran, peran guru lebih dominan. Meskipun siswa memiliki kualitas yang baik, jika tidak dikelola oleh guru yang memiliki kemampuan mengajar yang cukup, hasilnya mungkin tidak optimal (Hamalik 2001:28).

Proses pembelajaran di lembaga pendidikan dalam Standar Proses diadakan secara interaktif, menginspirasi, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup untuk inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis siswa (PP No 19 Pasal 19 Tahun 2005).

Pembelajaran Seni Budaya SMP

Pembelajaran adalah proses menghubungkan siswa dan guru dengan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar (UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2013). Pembelajaran meliputi unsur tujuan, materi, pendekatan, strategi, metode, fasilitas, sumber, dan penilaian.

Pembelajaran seni adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai perubahan tingkah laku dan tingkah laku yang dihasilkan dari pengalaman seni dan interaksi dengan lingkungan budaya guna mencapai tujuan.

3 (tiga) prinsip pembelajaran seni:

  1. Mempelajari seni rupa di sekolah hendaknya memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan potensi kreatifnya,
  2. Pembelajaran seni di sekolah dapat memperluas koneksi dan komunikasi siswa dengan lingkungannya,
  3. Belajar seni rupa di sekolah sebaiknya dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan dalam suasana kebebasan tanpa tekanan.

Tujuan mata pelajaran seni dan budaya di sekolah dasar dan menengah pertama:

  1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya,
  2. Menunjukkan perilaku apresiatif terhadap seni dan budaya,
  3. Mengekspresikan kreativitas melalui seni dan budaya,
  4. Memperkuat seni dan budaya lokal, regional dan global, 
  5. Menumbuhkan dan berbagi makna humanistik. 
Ragam mata kuliah seni budaya meliputi aspek-aspek berikut: a) seni musik, b) seni rupa, c) seni tari, d) seni teater. Dari empat bidang seni budaya yang ada, setidaknya satu harus dipelajari berdasarkan keterampilan dan fasilitas yang ada. jika sekolah dapat menawarkan lebih dari satu bidang seni, siswa dapat memilih bidang seni yang ingin diikuti (Jazuli 2008: 144).

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7 Kurikulum 2013

Sahabat gurumapel,..

Pembelajaran seni budaya dibagi menjadi empat konsep utama yaitu seni musik, seni tari, seni rupa dan seni teater. Setiap sekolah diharuskan memilih satu aspek seni budaya untuk diajarkan, tetapi juga diperbolehkan memilih lebih dari satu aspek seni budaya yang dipilih.

Pada kesempatan pembagian perlengkapan sekolah untuk program kurikulum 2013, Direksi membagikan kepada para guru satu set lengkap Perangkat pembelajaran seni budaya untuk kelas 7 Kurikulum 2013 untuk semester 1 dan 2.

Jika anda membutuhkan Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7  yang admin bagikan, silahkan akses dan download Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7  sesuai dengan bidang pembelajaran seni budaya yang anda butuhkan.

Link download Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7 SMP-MTs sendiri tersedia di sini

 Perangkat Pembelajaran Seni Musik Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum 2013

Unduh Perangkat Pembelajaran Seni Musik Kelas 7 Semester 1 dan 2 :

 Perangkat Pembelajaran Seni Rupa Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum 2013

Unduh Perangkat Pembelajaran Seni Rupa Kelas 7 Semester 1 dan 2 :

 Perangkat Pembelajaran Seni Tari Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum 2013

Unduh Perangkat Pembelajaran Seni Tari Kelas 7 Semester 1 dan 2 :

 Perangkat Pembelajaran Seni Teater Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum 2013

Unduh Perangkat Pembelajaran Seni Teater Kelas 7 Semester 1 dan 2 :