Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar PJOK Kurikulum Merdeka. Perangkat ajar adalah sekumpulan alat (tools) yang digunakan guru untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas guru dalam kegiatan pendidikan, khususnya kegiatan mengajar. 

Perangkat ajar terdiri dari beberapa komponen antara lain fasilitas, media, dokumen, dan instruksi. Perangkat Ajar memiliki fungsi untuk menjadikan semua kegiatan mengajar guru lebih efektif, efisien dan berhasil. Selain itu manfaat atau fungsi dari perangkat ajar itu sendiri adalah sebagai pedoman bagi pendidik dalam proses pengajaran.

Oleh karena itu, perangkat ajar dapat di perjelas sebagai alat atau media yang dapat digunakan untuk melatih siswa. Perangkat Ajar di jadikan panduan bagi guru untuk mengajar di kelas, di luar kelas, dan di laboratorium.

Dengan bantuan perangkat ajar ini, pendidik dapat lebih mudah melakukan tugas mengajar. Karena kontrol dan tujuan yang jelas dapat membuat pendidik lebih fokus dalam mengajar. Terutama dalam memfungsikan program Merdeka belajar dalam pelaksanaan penguatan profil pelajar Pancasila.

Dokumen Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka

Berikut adalah beberapa bagian yang perlu dilakukan guru dalam materi kurikulum yang berdiri sendiri:

1. Alokasikan waktu

Alokasi waktu adalah periode kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas, lapangan, atau laboratorium yang dibatasi oleh batasan alokasi waktu yang ketat, biasanya dicapai dengan membandingkan kinerja aktual.menunjukkan beberapa tayangan berbeda dalam kerangka waktu yang serupa.

2. Analisis CP & TP

CP (Capaian Pembelajaran) adalah keterampilan belajar yang harus dikuasai siswa pada setiap tahap perkembangannya. Standar keluaran mencakup keahlian dan keluasan dokumen, tertata rapi dalam bentuk cerita. 

TP (Tujuan Pembelajaran) adalah penjelasan tentang pencapaian tiga kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) yang dicapai siswa dalam satu atau beberapa kegiatan pembelajaran.

3. Program Semester

Program semester adalah jadwal kegiatan akademik selama satu semester yang disusun menurut alokasi waktu.

4. Program Tahunan

Program tahunan merupakan rencana induk kegiatan pembelajaran untuk jangka waktu satu tahun dengan memperhatikan analisis kurikulum dan perhitungan minggu efektif.

5.KKTP (KKM)

KKTP merupakan rangkaian kriteria atau pedoman yang menunjukkan seberapa baik siswa telah mencapai keterampilan tertentu dalam tujuan pembelajaran yang telah dilaluinya. KKTP berfungsi untuk membantu guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan menganalisis penguasaan keterampilan siswa.

6. ATP

ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran adalah urutan tujuan pembelajaran yang disusun secara teratur, logis dalam proses pembelajaran agar peserta didik mencapai hasil belajar.

9. Modul Ajar

Modul Ajar (MA) didefinisikan sebagai dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan alat pembelajaran dan penilaian yang diperlukan dalam unit/mata pelajaran berbasis ATP.

Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 SMP - MTs Kurikulum Merdeka

Pengunjung berbahagia,..

Pada kesempatan yang berbahagia ini, mimin update Perangkat Ajar PJOK kelas 9 semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka untuk kalian.

Dokumen Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka yang kami susun ini berbentuk Doc Ms Word, sehingga gampang untuk di edit dan di revisi.

Sebagai gambaran untuk Anda juga, mungkin perangkat ajar berbeda untuk setiap guru walaupun anda masih satu intansi, karena sebenarnya perangkat ajar dikembangkan oleh guru sesuai dengan kepribadian siswa atau siswa tersebut. Jadi alangkah baiknya jika Anda mengembangkan perangkat ajar versi Anda sendiri. 

Bagi Anda para guru, jika ingin mendownload Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka yang kami buat, silahkan kunjungi link download Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 - 2 Kurikulum Merdeka disini.

Perangkat Ajar PJOK Kelas 9 SMP/MTs Semester 1/2 Kurikulum Merdeka

Download Perangkat Ajar PJOK/Penjaskes Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka: