Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 10 | 2023/2024

Perangkat Ajar Matematika SMA. Matematika sering dipandang sebagai pelajaran hidup yang abstrak, sulit, dan tidak berhubungan. Sebenarnya, ada banyak konsep dan prinsip matematikayang terjadi di alam dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran matematika di kurikulum merdeka diharapkan dapat mengubah miskonsepsi tentang matematika dengan menggunakan pendekatan yang lebih kontekstual melalui permasalahan kehidupan nyata dan melibatkan siswa secara aktif untuk bereksplorasi dengan petunjuk pertanyaan.

Sebagian besar pembelajaran matematika dalam program kurikulum merdeka dengan konsep merdeka belajar dimaksudkan untuk menarik perhatian dan minat siswa sehingga mereka "tidak merasa sedang belajar matematika". Siswa akan ditantang untuk berpikir kritis dan kreatif untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). 

Selain itu, dalam berbagai kesempatan para siswa akan berdiskusi, berkomunikasi, bekerja sama dan memanfaatkan teknologi untuk memecahkan masalah guna mengasah keterampilan sesuai dengan profil Pelajar Pancasila dan keterampilan abad 21.

Perangkat Yang di Persiapkan Guru di Kurikulum Merdeka

Dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka, seorang guru perlu mempersiapkan Perangkat Ajar sebagai bagian dari Tugas Pokok Guru dalam mempersiapkan Dokumentasi Administrasi Guru. Berikut beberapa dokumen Perangkat Ajar yang perlu di Persiapkan :

1. Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan adalah kalender yang mencatat secara lengkap alur waktu proses pembelajaran dari awal tahun ajaran baru hingga tahun ajaran berikutnya.

2. Alokasi Waktu

Alokasi waktu adalah waktu yang diperlukan untuk memperoleh keterampilan dasar tertentu, dengan memperhitungkan minggu efektif per semester, waktu yang dialokasikan untuk mata pelajaran per minggu, dan jumlah keterampilan per semester. Dengan lamanya waktu tersebut, kegiatan kelas siswa akan lebih terarah.

3. Analisis CP & TP

Capaian Pembelajaran (CP) adalah keterampilan belajar yang perlu diperoleh siswa pada setiap tahapan, mulai dari tahap dasar pendidikan anak usia dini sampai sekolah menengah atas. Sedangkan tujuan pembelajaran (TP) adalah keterampilan yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

Dengan melakukan analisis CP dan TP, guru bisa menentukan tahapan - tahapan atau langkah - langkah per materi pelajaran.

4. Prota

Prota atau program tahunan merupakan rancangan rencana kegiatan belajar mengajar yang tersebar dalam kurun waktu satu tahun pelajaran, dengan memperhatikan analisis kurikulum terkini dan perhitungan minggu efektif.

5. Promes

Promes atau program semester merupakan bentuk penjabaran dari prota yang menggambarkan pembelajaran dan pencapaian yang akan dicapai selama satu semester. Dengan promes ini, Anda akan lebih mudah menyelesaikan mata pelajaran yang Anda mampu.

6. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

KKTP merupakan rangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan seberapa baik siswa telah mencapai keterampilan tertentu dalam tujuan pembelajaran yang telah dilaluinya. KKTP berfungsi untuk membantu guru melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan menganalisis penguasaan keterampilan siswa.

KKTP dalam Kurikulum Merdeka sama halnya dengan KKM di Kurikulum 2013.

7. Modul Ajar

Modul Ajar adalah sejumlah alat atau petunujuk, metode, pedoman atau panduan yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan implementasi alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari hasil pembelajaran dengan tujuan profil pelajar pancasila.

8. ATP

Jika Capaian Pembelajaran (CP) adalah keterampilan yang diharapkan diperoleh siswa pada akhir periode, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dalam fase pembelajaran sehingga siswa mencapai tujuan pembelajaran tersebut sebagai suatu hasil.

Perangkat Ajar Matematika Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat guru,..!!!

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK Semester 1 dan 2 merupakan dokumen pembelajaran yang kami bagikan di saat ini.

Jika anda guru SMA/Sederajat Matematika kelas 10, kami anjurkan anda untuk mengunduh Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 10 ini. Karena tentunya dokumen ini akan berguna untuk anda.

Silahkan download Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 10, di link download perangkat ajar berikut.

Unduh Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 :

  • Cover 💢 Unduh
  • Alokasi Waktu 💢 Unduh
  • Analisis Keterkaitan CP/TP 💢 Unduh
  • Analisis Kompetensi 💢 Unduh
  • Analisisis SKL 💢 Unduh
  • Pemetaan Kompetensi & Penilaian 💢 Unduh
  • Penetapan IPK 💢 Unduh
  • KKTP/KKM ðŸ’¢ Unduh
  • Jurnal Mengajar ðŸ’¢ Unduh
  • Program Semester ðŸ’¢ Unduh
  • Program Tahunan ðŸ’¢ Unduh
  • ATP/Silabus 💢 Unduh
  • Modul Ajar/RPP 💢 Unduh
  • Buku Paket Merdeka 💢 Unduh