Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Kimia Kelas 12 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Kimia. Pada intinya, belajar dan pembelajaran adalah suatu aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, dengan belajar manusia dapat mengembangkan kemampuan - kemampuan yang dimilikinya. Realisasi kemampuan sangat berguna bagi manusia untuk dapat beradaptasi demi pemenuhan kebutuhannya. Hal ini juga berlaku untuk pembelajaran kimia di kurikulum merdeka.

Pembelajaran kimia di kurikulum merdeka adalah suatu aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan materi pelajaran kimia dan dilaksanakan dengan menarik sehingga siswa memperoleh berbagai pengalaman di bidang kimia sesuai dengan standar isi sehingga terjadi perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, serta nilai sikap dalam diri siswa terhadap kimia.

Berdasarkan standar isi yang tercantum dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006, mata pelajaran kimia di SMA/MA bertujuan agar siswa memiliki kemampuan sebagai berikut:

  • Mengembangkan sikap positif terhadap kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta menghormati kebesaran Tuhan Yang Maha Esa;
  • Menciptakan sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, tekun, kritis dan dapat bekerja sama dengan orang lain;
  • Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen, dimana siswa melakukan pengujian hipotesis dengan merancang percobaan melalui pemasangan alat, pengambilan, pengolahan, dan penafsiran data, serta menyampaikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis;
  • Meningkatkan kesadaran tentang penerapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat;
  • Memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta hubungannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari - hari berdasarkan konsep teknologi.

Hakekat Modul Ajar Kimia Kurikulum Merdeka Bagi Guru

Modul Ajar Kimia adalah jenis perangkat pembelajaran kimia yang berisi rencana pembelajaran yang membantu memandu guru melalui proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran kimia.

Kurikulum merdeka menawarkan pembuatan Modul Ajar untuk guru Kimia. Modul Ajar Kimia ini digunakan untuk pembelajaran kimia, sehingga guru dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran kimia yang interaktif di dalam kelas.

Pada dasarnya Modul Ajar Kimia dibuat oleh guru dengan tujuan menggabungkan materi dan latihan untuk memungkinkan penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa. Membuat Modul Ajar Kimia tidak membutuhkan modal yang besar. Sebagai gantinya, guru dapat menggunakan materi yang ada dan kemudian mengubahnya menjadi modul ajar, membuatnya lebih murah dan praktis.

Selain itu, membuat Modul Ajar Kimia dari materi yang ada menjaga integritas file dan memungkinkan guru untuk memajukan setiap mata pelajaran kimia yang mereka ajarkan.

Komponen Modul Ajar Kimia Kurikulum Merdeka

Secara sederhana, komponen modul ajar kimia atas 3 bagian dasar yaitu Informasi Umum, komponen inti dan lampiran. Berikut gambarannya :

⓵ Informasi umum 

➊ Identitas modul ajar
  1. Identitas/Institusi/Tahun
  2. Sekolah
  3. Kelas
  4. Alokasi waktu
➋ Karakter pancasila
➌ Sarana / prasarana
➍ Target siswa  
➎ Model pembelajaran 

⓶ Komponen utama 

➊ Tujuan pembelajaran
➋ Pemahaman bermakna
➌ Pertanyaan pemantik
➍. Kegiatan pembelajaran
➎ Penilaian
➏ Pengayaan / perbaikan

⓷ Lampiran

 LKPD
 Glosarium
 Daftar pustaka

Modul Ajar Kimia kelas 12 Semester 1 & 2 | Kurikulum Merdeka

Dear guru kimia,..

Dalam momen berbagi modul ajar SMA/MA/SMK/MAK ini, admin gurumapel.com bagikan kepada bapak ibu  guru semua Modul Ajar Kimia Kelas 12 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka.

Modul Ajar Kimia Kelas 12 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka di susun di dasarkan atas ATP Kimia Kelas 12 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dan juga karakteristik siswa.

Untuk itu, jika di momen ini ada yang ingin mendownload Modul Ajar Kimia Kelas 12 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka, silahkan download segera di link berikut.

 Modul Ajar Kimia kelas 12 Semester 1 (Ganjil)

Modul Ajar Kimia Modul Ajar Kimia Semester 1 kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka

 Modul Ajar Kimia kelas 12 Semester 2 (Genap)

Modul Ajar Kimia Modul Ajar Kimia Semester 2 kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka