Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Tehnik Pukulan Push di Tenis meja

Tenis meja atau ping pong merupakan olahraga yang kita kenal karena olahraga ini sendiri merupakan olahraga yang sangat populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Namun tentunya untuk memainkan permainan olahraga tersebut pemain harus memperhatikan berbagai teknik dasar agar dapat bermain dengan sempurna.
Salah satunya adalah mempelajari teknik pukulan, dimana sangat penting untuk mempelajari teknik pukulan itu sendiri secara detail. Teknik pukulan dalam olahraga tenis meja ini berbeda-beda, salah satunya adalah teknik pukulan push.

Pukulan push ataupun dorongan ini sendiri merupakan pukulan backship yang pasif dan dilakukan ketika menghadapi bakckspain, dengan melakukan pukulan ini membuat bola melambung tidak terlalu tinggi dari net. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tehnik Pukulan push Tenis Meja

Dalam melakukan pukulan push, ada 2 cara yang bisa di lakukan, yaitu : 

1. Forehand Push

saat melakukan tekhnik ini posis bet agak sedikit terbuka, lalu gerakan bet kedepan, serta sedikit kebawah. Usahakanlah kalau bola mengenai bet pada bagain tengah, supaya hasil yang didapatkan menjadi lebih sempurna lagi.

2. Backhand Push

untuk tekhnik push yang kedua adalah backhand push, dimana pukulan ini sendiri menggunakan backhand. Pastikan jika kontak bola hanya terhadi gerakan namun kuat, sehingga akan menghasilkan bola backlaind yang lebih sempurna lagi. Pastikan juga bola pada bagian kiri mendekati bagian tubuh didepan.

Teknik pukulan push ini sendiri merupakan perkembangan yang berasal dari pukulan block, dan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknik pukulan yang lainnya, diantaranya yaitu sebagai berikut ini :
  1. bola push ini sendiri bisa anda jadikan sebagai alat yang sifatnya penjagaan, dimana bisa anda gunakan saat melewati situasi transisi yang bisa anda ubah menjadi satu buah pukulan mendorong berupa pukulan serangan balik kepada lawan. 
  2. bola push ini sendiri merupakan bola yang polos, sehingga dengan menggunakan bola pertahan ini anda bisa melakukan yang namanya serangan balasan kepada lawan.
  3. pukulan bola push ini sendiri dimainkan pada bagian backhand, dan biasanya digunakan untuk mewakili half volley, yang sifatnya sendiri untuk mencari kesempatan saat ingin membangun ataupun melancarkan serangan forehand.
Bagaimana sudah paham bukan, jika belum silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar maka kami akan menjawab pertanyaan anda. Terima kasih sudah berkunjung, semoga postingan ini bermanfaat untuk anda.

Kunjungi literasi bacaan dari kami yang lainnya, sudah kami poskan sebelumnya. Terimakasih.