Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik Memegang Peluru Dalam Olahraga Tolak Peluru

Dalam olahraga tolak peluru, prinsip utama yang harus dipahami oleh para pelempar adalah melakukan tolakan atau dorongan terhadap bola logam atau peluru hanya dengan mengandalkan kekuatan satu tangan. 

Salah satu cabang olahraga atletik ini bertujuan untuk menghasilkan tolakan atau dorongan bola logam atau peluru dengan jarak sejauh mungkin dari posisi awal atau garis start.

Dikutip dari modul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2020) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teknik dasar tolak peluru meliputi cara memegang peluru, sikap awal, sikap menolak, dan gerakan lanjutan.

Seorang pelempar harus mengusai teknik memegang peluru karena hal ini menjadi bagian awal dari olahraga tolak peluru.

Dilansir dari situs web Everything Track and Field, peluru wajib dipegang dengan pangkal jari dan tidak menyentuh bagian telapak tangan. Berikut adalah penjelasan mengenai tiga cara memegang peluru dalam olahraga tolak peluru.

Tehnik Memegang Peluru

Berikut adalah 3 cara dalam memegang peluru berdasarkan ruas jari yang di gunakan saat memegang peluru.

1. Teknik memegang peluru dengan jari-jari agak renggang

Cara memegang peluru ini digunakan oleh atlet yang memiliki jari panjang dan ia mampu memegang peluru secara kuat. Pada saat memegang peluru, posisi jari-jari agak renggang dengan menekuk jari kelingking dan meletakkannya di samping peluru. 

Dengan meletakkan jari kelingking secara menyamping dan menekuknya, diharapkan posisi peluru tidak mudah bergeser dari posisinya.

2. Teknik memegang peluru dengan jari-jari agak rapat

Cara ini biasanya digunakan oleh atlet tolak peluru berjari panjang. Pada saat memegang peluru, jari-jari dirapatkan dengan posisi kelingking berada agak di belakang secara menyamping dari peluru

3. Teknik memegang peluru dengan jari-jari renggang 

Teknik memegang peluru dengan jari-jari renggang biasanya dilakukan oleh atlet tolak peluru yang memiliki jari cenderung pendek.

Dalam teknik ini, posisi antar jari cenderung renggang ketika memegang peluru. Selain itu, posisi jari kelingking ketika memegang peluru berada di samping agak belakang sebelum melakukan tolakan.

Ketiga tehnik memegang peluru ini tentu mimiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Silahkan gunakan tehnik pegangan yang sesuai dengan anda agar pada saat melakukan tolakan atau lemparan jadi lebih mudah

Terima kasih sudah berkunjung membaca artikel kami, jangan lupa share, dan komentarnya agar kami lebih semangat lagi dalam berkarya.

Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Tehnik Memegang Peluru Dalam Olahraga Tolak Peluru"

Kontak Kami

Nama Email * Pesan *