Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam - Macam Smash Bola Voli

Bola   voli   adalah   olahraga   permainan   beregu,   namun   demikian penguasaan  teknik  dasar  secara  individual  mutlak  sangat  diperlukan.  Hal  ini berarti bahwa dalam pembinaan pada tahap-tahap awal perlu ditekankan pada penguasaan  teknik-teknik  dasar  permainan.Hal  tersebut  sesuai  dengan  yang dikatakan  oleh  Suharno  H.P.  (1993:12),  bahwa  penguasaan  teknik  dasar permainan  bola  voli  harus  benar-benar  dilakukan,  sebab  penguasaan  teknik dasar permainan bola voli merupakan salah satu unsur yang turut menentukan menang  kalahnya  suatu  regu  dalam  pertandingan,  di  samping  kondisi  fisik, taktik dan mental.

Smash atau spike adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan kuat dan keras serta jalannya bola cepat, tajam dan menukik serta sulit diterima lawan apabila pukulan itu dilakukan dengan cepat dan tepat (Aip Syarifuddin, 1997 : 58).

Smash dalam bola voli adalah senjata paling mematikan untuk membunuh lawan. Seorang smasher yang akan melakukan smash harus melalui 4 rangkaian gerakan dalam melakukan smash yaitu run up, take off, hitt dan landing.

Keempat rangkaian gerakan smash ini harus di lakukan secara berkesinambungan, berurutan  dan tidak boleh terputus agar dapat melakukan smash dengan baik. Untuk smash sendiri terdapat beberapa macam jenis smash, untuk mengenal beberapa jenis smash berikut kami perkenalkan gambaran singkatnya.


Macam Smash / Spike Dalam Bola Voli

1. Open

Open Smash adalah smash yang di lakukan dengan bola - bola tinggi atau membuka. Pemukul melakukan gerak awalan setelah bola lepas dari tangan pengumpan, bola dipukul dipuncak loncatan dan jangkauan lengan tertinggi.

2. Semi

Semi Smash adalah jenis smash/spike yang di lakukan dengan bola - bola tanggung. Setelah bola lepas dipasing kearah pengumpan, pemukul harus mulai bergerak perlahan kedepan dengan langkah tetap menuju kearah pengumpan. Begitu pengumpan menyajikan bola dengan ketinggian 1m  ditepi atas net maka secepatnya pemukul meloncat keatas dan memukul bola. Disini kecepatan gerak harus lebih cepat dari pada smash dengan bola Open

3. Quick

Quick Smash adalah jenis smash/spike yang di lakukan dengan bola - bola cepat yang relatif pendek. Begitu melihat bola pasing ke pengumpan, maka pemukul melakukan awalan secepat mungkin, dengan langkah yang panjang. Timing meloncat sebelum bola diumpan dengan jarak satu jangkauan lengan pemukul dengan bola yang akan diumpan. Pemukul melayang dengan tangan siap memukul, pengumpan menyajikan bola tepat didepan tangan pemukul. Lakukan pukulan dengan secepat²nya, gerakan pergelangan tangan yang cepat sangat baik hasilnya. Loncatan smasher vertikal, jagalah keseimbangan badan pada saat melayang.

4. Drive

Drive Smash jenis smash yang di lakukan dengan bola - bola dorong. Smash ini biasanya digunakan oleh pemain untuk bola jauh dari net, saat meloncat smasher agak dekat dibawah bola, berbeda dengan saat meloncat pada smash normal. Bola yang akan di smash terletak diatas kanan bahu lengan pemukul. Gerak lecutan tangan dari depan atas badan diputarkan kearah yang berlawanan dengan arah jarum jam, telapak tangan membentuk cekungan seperti sendok. Cambukan keras, perkenaan bola dibagian belakang kearah bagian muka dengan telapak tangan, aktifkan gerakan pergelangan tangan . Gerakan cambukan harus dibantu oleh otot² perut, samping dan bahu. Akibat cambukan kurve jalan bola akan panjang dan putaran bola menjauhi net, bola bergerak dengan cepat dan tajam.

5. Dummy

Dummy adalah Jenis smash tipuan. Pemain melakukan gerakan sama dengan pada waktu hendak melakukan smash, tetapi pada waktu kontak dengan bola, bola tidak dipukul melainkan disentuh saja dengan jari tangan. Lengan pemukul tetap bergerak dan dengan gerakan jari pemukul mengarahkan bola ketempat yang tidak terjaga ditempat lawan. Bola dapat dilambungkan pendek atau panjang tergantung pada situasi.

6. Straight

Smasher sebelum melakukan gerakan awalan, terlebih dahulu bergerak kearah luar lapangan mendekati tiang net, smasher melakukan awalan bergerak arah paralel  dengan jaring. Begitu bola sampai dibatas tepi jaring dengan ketinggian optimal bola, segeralah melompat dan langsung memukul secepatnya. Proses menjalankan teknik ini lebih cepat dibandingkan smash dengan bola semi.

7. Back Attack

Back Attack adalah jenis smash yang di lakukan di area belakang garis serang. Pemukul yang berfungsi sebagai pemain belakang pada saat tolakan tidak boleh menginjak atau melewati garis serang, tetapi pada saat mendarat boleh saja jatuh didalam garis serang.

8. Kijang

Biasanya umpan bola back, pemukul melakukan langkah panjang dan naik dengan tolakan loncatan menggunakan satu kaki, pemukul tangan kanan menolak dengan kaki kiri.

9. Step L

Smash ini hampir sama dengan smash normal, tetapi gerakan awalan berbeda. Pemukul melangkah kedepan, kemudian melakukan langkah kesamping sebelum tolakan, baru kemudian melompat naik untuk melakukan serangan.

10. Double Step

Smash dengan menggunakan gerak tipu, disini pemukul melakukan dua kali gerakan untuk melakukan tolakan meloncat. Tolakan pertama hanya berupa tipuan untuk mengecoh block, baru pada tolakan kedua pemukul meloncat dan melakukan serangan.

Demikian Macam - macam jenis smash dalam bola voli yang dapat kami uraikan untuk anda, terima kasih sudah membaca postingan kami.

Hatur nuhun atas kunjungan anda, kami akhiri Wassalamu'alaikum.