Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peraturan Posisi Offside Terbaru Dalam Sepakbola

Dalam permainan sepakbola, kita sering sekali mendengar istilah Off-side. Jika anda seorang pemain sepakbola atau pecinta sepakbola sejati tentu anda harus mengerti dan paham betul dengan istilah off-side ini. 

Secara umumdalam permainan sepakbola,  posisi off-side memiliki pengertian ketika posisi seorang pemain berada paling dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan pemain lawan terakhir kedua.

Peraturan posisi Off-side di atur dalam laws off the game FIFA no 11, dalam peraturan tersebut di jelaskan bahwa Off-side adalah ketika seorang pemain tersentuh bola atau menerima umpan bola dari rekan satu tim, dengan keadaan pemain tersebut berada mendahului pemain paling belakang dari tim lawan dan apabila pemain tersebut berada lebih dekat dengan garis gawang lawan setelah kiper.


Ketika berada dalam posisi off-side, terdapat tiga hal pokok yang tidak dapat dilakukan oleh seorang pemain, yaitu:
  1. Terlibat dalam permainan;
  2. Terlibat dengan seorang pemain lawan; dan
  3. Mendapatkan keuntungan dengan berada di posisi off-side.
Pada Tahun 2013 FIFA melakukan Sidang IFAB di Edinburgh, hasilnya FIFA melakukan sebuah perubahan pada peraturan Off-side ini. Salah satunya yaitu dengan menambahkan istilah "deliberate play" dalam keterangan poin tentang "mendapatkan keuntungan dengan berada di posisi off-side".
A player in offside position receiving the ball from an opponent, who deliberately plays the ball (except from a deliberate save), is not considered to have gained an advantage.
Secara harfiah, keterangan itu menjelaskan bahwa "seorang pemain yang berada dalam posisi off-side saat menerima bola dari lawan, yang dengan sengaja memainkan bola (kecuali saat melakukan penyelamatan), tidak dihitung memperoleh sebuah keuntungan".

Terperangkap tidaknya seorang pemain dalam posisi off-side sangat di tentukan oleh kejelian dari seorang hakim garis. Karena off-side bukan merupakan sebuah pelanggaran, maka banyak sekali tim - tim yang menggunakan peraturan off side ini sebagai strategi permainannya baik itu saat mereka bertahan ataupun saat menyerang.

Itulah sekilas tentang peraturan Off-side terbaru dalam permainan sepakbola, semoga bisa menambah wawasan anda.