Metode Pembelajaran Card Slot (Sortir Kartu)

Pengertian Metode Pembelajaran Card Sort

Dalam Kaidah Bahasa Arab istilah yang sering dipakai untuk menunjuk kata metode adalah thariqah. Metode adalah rencana menyeluruh penyajian bahasa secara sistematis berdasarkan pendekatan yang ditentukan. Adapun yang dimaksud dengan Metode adalah cara yang teratur dan sitematis untuk mencapai tujuan, cara-cara yang dilaksanakan untuk mengadakan interaksi belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pengajaran.

Menurut Melvin L Silberman, strategi card sort merupakan kegiatan kolaboratif yang biasa digunakan untuk mengerjakan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek, atau mengulangi informasi. Strategi ini juga menekankan terhadap gerakan fisik, yang diutamakan dapat membantu untuk memberi energi kepada suasana kelas yang mulai jenuh, karena aktifitas pembelajaran yang sangat padat.


Metode card sort merupakan kegiatan kolaboratif  yang bias digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta tentang obyek atau mereview ilmu yang telah diberikan sebelumnya. Gerakan fisik yang dominan dapat membantu mendinamisir kelas yang kelelahan. Card sort juga sebagai strategi, menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat kerjasama, saling menolong dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan lewat permainan kartu.

Interaksi dalam strategi card sort, menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk saling membutuhkan, inilah yang dimaksud positive interdependence atau saling ketergantungan positif. Saling ketergantungan positif ini dapat dicapai melalui ketergantungan tujuan, ketergantungan tugas, ketergantungan sumber belajar, ketergantungan peranan dan ketergantungan hadiah.

Di sini pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Card Sort (sortir kartu) strategi ini merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek atau mereview ilmu yang telah diberikan sebelumnya atau mengulangi informasi. Gerakan fisik yang dominan dalam strategi ini dapat membantu mendinamisir kelas yang kelelahan.

Ciri-ciri Metode Card Sort

Salah satu ciri dalam metode card sort yaitu pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Sehingga materi yang dipelajari benar-benar di mengerti oleh siswa. Cirri khas dari pembelajaran aktif model card sort ini adalah siswa mencari bahan sendiri atau materi yang sesuai dengan kategori kelompok yang diperolehnya dan siswa mengelompok sesuai kartu indeks yang diperolehnya. Dengan demikian siswa menjadi aktif dan termotifasi dalam proses belajar mengajar.

Langkah-langkah Metode Belajar Card Sort

Model ini bagian dari pembelajaran kooperatif dimana siswa bergerak secara aktif dan dinamis mencari pasangan kartu.

Langkah-Langkah :
  • Guru membuka pelajaran dengan menginformasikan tujuan/kompetensi pembelajatan
  • Guru menyiapkan kartu sebanyak siswa sesuai kategori
  • Guru meminta siswa mempelajari teks bacaan yang berkaitan KD ensiklopedia.
  • Guru membagikan kartu kepada siswa dan siswa mencari kelompok dengan  kategori yang sama.
  • Siswa yang sudah berkumpul dengan kelompoknya diminta mendiskusikan dan menempel kartu pada kertas.
  • Siswa memajang dan mempresentasikan hasil kelompoknya dan kelompok lain memberikan komentar
  • Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
  • Siswa membuat rangkuman hasil pembelajaran

Tujuan Menggunakan Metode Card Sort

Tujuan dari strategi dan metode belajar menggunakan card sort ini adalah untuk mengungkapkan daya ingat terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari siswa.

Kelebihan dan Kelemahan Metode Card Sort

Ø  Kelebihan
o   Guru mudah menguasai kelas.
o   Mudah dilaksanakan.
o   Mudah mengorganisir kelas.
o   Dapat diikuti oleh siswa yang jumlahnya banyak.
o   Guru mudah menerangkan dengan baik.
o Siswa lebih mudah mengerti tentang materi yang diajarkan dari pada dengan menggunakan metode ceramah.
o   Siswa lebih antusias dalam pembelajaran.
o   Sosialisasi antara siswa lebih terbangun yakni antara siswa denga siswa lebih akrab.
Ø  Kekurangan
o   Adanya kemungkinan terjadi penyimpangan perhatian murid, terutama apabila terjadi jawaban-jawaban yang menarik perhatiannya, padahal bukan sasaran (tujuan) yang diinginkan dalam arti terjadi penyimpangan dari pokok persoalan semula.
o   Siswa perlu perhatian lebih sehingga tidak keseluruhan siswa dapat diperhatikan dengan baik.
o   Banyak menyita waktu terutama menyiapkan model pembelajaran aktif tipe pemilahan kartu.

Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Metode Card Sort merupakan suatu strategi pembelajaran berupa potongan-potongan kertas yang dibentuk seperti kartu yang berisi informasi atau materi pelajaran. Atau merupakan kalaboratif yang bias digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta tentang obyek atau mereview ilmu yang telah diberikan sebelumnya. Gerakan fisik yang dominan dapat membantu mendinamisir kelas yang kelelahan

Sumber:

0 Response to "Metode Pembelajaran Card Slot (Sortir Kartu)"

Posting Komentar