Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik Dasar Smash / Roll Spike Dalam Sepak Takraw

Pada artikel kali ini, kita  akan sedikit berbagi tutorial atau cara dasar belajar melakukan roll spike dalam sepak takraw. Untuk menguasai teknik dasar roll spike memang memerlukan waktu yang cukup lama, namun bila anda sudah menguasainya maka anda akan merasa sangat puas dan bangga bisa melakukannya. Bagi anda yang penggemar sepak takraw tentu tahu apa itu roll spike?

Roll spike adalah teknik smash gulung atau salto ke belakang dengan menendang bola dalam permainan sepak takraw.


Yang perlu anda miliki untuk berlatih teknik roll spike dalam sepak takraw adalah:
  • Memiliki keberanian
  •  Memiliki tekad dan keinginan yang kuat 
  • Pantang menyerah dalam berlatih (jatuh bangkit lagi) 
  • Selalu semangat dalam berlatih
Cara melakukan roll spike dalam sepak takraw:
  • Apabila kaki kanan yang digunakan untuk menendang, tubuh dan kaki kiri diangkat ke atas terlebih dulu setinggi mungkin.
  • Kemudian diikuti kaki kanan diangkat keatas dan lakukan tendangan ke belakang bersamaan dengan badan dan dada digerakkan ke samping untuk persiapan mendarat. 
  • Posisi tangan berada di atas, bisa di depan atau disamping dada.

Tips:

Bagi pemula sebaiknya jangan langsung memaksa untuk melakukan tendangan yang tinggi. Sebaiknya mulai dari tendangan yang rendah terlebih dulu. Lakukan latihan seperti ini secara rutin 10-30 menit sehari sehingga apabila sudah terbiasa gerakan-gerakan salto anda akan sempurna.

Mulailah pada tempat yang baik menurut anda, seperti diatas matras, di pasir, atau sebagainya, sehingga kalau jatuh tidak menimbulkan sakit atau cidera untuk anda. Yang terpenting yakin dan percaya diri kalau anda akan dapat menguasai teknik roll spike ini dengan baik.

Demikian pambasan bagaiman cara melakukan smash / rool spike sepak takra, semoga bermanfaat.