Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Dan Tugas Tekong Dalam Sepak Takraw

Bagi sebagian orang, nama tekong mungkin terdengar asing di telinga. Karena istilah tekong ini bukan berasal dari bahasa Indonesia, melainkan berasal dari negara asli sepak takraw. Dalam sebuah perrmainan sepak takraw akan terdiri dari 2 regu, dimana setiap regu terdiri dari 3 pemain, dan setiap regu/ tim mempunyai 1 orang pemain cadangan.

Satu pemain yang berdiri di posisi belakang disebut tekong yang berperan sebagai penyepak mula untuk memulai permainan (pelaku servis). Sedangkan 2 pemain yang berada di depan disebut apit kiri dan apit kanan.


Apa peran dan tugas seorang tekong dalam sebuah permainan sepak takraw? Tugas tekong dalam Sepak Takraw adalah :

1. Sebagai penendang atau pelaku bola servis.

Meskipun fungsi utama melakukan servis adalah untuk memulai permainan, namun juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan serangan pertama. Jadi seorang tekong juga dituntut untuk dapat melakukan service dengan baik, yaitu mampu melewati net dan masuk ke dalam area permainan lawan dengan cepat, keras, dan terarah. Dengan servis yang dilakukan tekong keras dan terarah akan menyulitkan pihak lawan untuk mengembangkan permainan atau serangannya.

2. Sebagai defender atau libero

Posisi tekong yang berada di belakang pertahanan juga menuntut tekong untuk dapat menjadi defender atau libero bagi sebuah tim sepak takraw. Oleh karena itu seorang tekong juga harus menguasai dasar-dasar pertahanan yang bagus. Kemampuan bertahan dari tekong juga sangat berpengaruh bagi sebuah tim untuk meraih kemenangan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai peran dan tugas tekong dalam permainan sepak takraw. Semoga bisa bermanfaat