Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Servis Tenis Meja Berdasarkan Jenis Servisnya

Servis atau Service dalam permainan tenis meja merupakan sajian bola pertama untuk memulai permainan sekaligus juga bisa di gunakan sebagai serangan pertama terhadap lawan. semakin baik service yang kita lakukan maka kesempatan kita untuk meraih point akan semakin besar.

Service yang baik akan membuat lawan kesulitan dalam mengembalikan bola sehingga kita akan lebih mudah dalam menyerang dan mendapatkan angka. Nah, bagaimana cara melakukan service dalam permainan tenis meja yang benar serta apa saja macam - macam service?, berikut uraiannya.

Cara melakukan servis

Berikut adalah cara melakukan Servis dalam permainan tenis meja:
  1. Servis dimulai dengan bola diam berada di atas permukaan telapak tangan yang terbuka dari tangan bebas pelaku servis.
  2. Pemain yang memberi pukulan service harus melambungkan bola secara vertikal ke atas, tanpa putaran untuk melambungkan bola minimal 16 cm dari permukaan telapak tangan bebas. Dilanjutkan dengan tangan turun tanpa menyentuh apapun sebelum dipukul
  3. Setelah bola dilambungkan, tarik lengan dan tangan bebas dari ruang antara bola dan net.
  4. Saat bola turun, server harus memukul bola sampai menyentuh mejanya sendiri terlebih dahulu satu kali  baru setelah melewati net kemudian menyentuh meja lawan.
 Catatan
  1. Bola harus berada di atas perpanjangan permukaan meja permainan pelaku servis dari mulai servis hingga bola dipukul.
  2. Bola tidak boleh dihalangi dari pandangan penerima oleh pelaku servis atau pasangan gandanya atau apa saja yang mereka bawa atau pakai.

Macam - Macam Service Tenis Meja

Dalam permainan tenis meja, terdapat beberapa macam tehnik gerakan melakukan servis tenis meja berdasarkan cara melakukannya, diantaranya yaitu service forehand topspin, service bachand top spin dan service bachan backspin.

1. Servive Forehand Topspin

Uraian tehniknya adalah sebagai berikut:
  • Untuk melakukan forehand topspin pemaian berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan. 
  • Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dan ada sebelah kanan badan dengan siku ditekuk sebesar sembilan puluh derajat. 
  • Gunakan telapak tangan kiri untuk memegang bola. 
  • Lambungkan bola setinggi kira - kira 16 cm, lalu pukul dengan bet dengan pantulan yang tidak melebihi net.

2. Service Backhand Topspin

Tehniknya adalah sebagai berikut:
  • Untuk melakukan backhand topspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan.
  • Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri.
  • Gunakan telapak tangan kiri untuk memegang bola. 
  • Bola dilambungkan setinggi kira - kira 16 cm, pukul dengan bet  dengan ketinggian yang normal sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi

3. Service Backhand Backspin

Tehniknya adalah sebagai berikut:
  • Posisi pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. 
  • Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. Sementara telapak tangan kiri memegang bola. 
  • Lalu lambungkan bola setinggi kira - kira 16 cm kemudian pukul dengan bet, usahakan tidak terlalu tinggi agar bola tidak melambung tinggi saat memantul di daerah lawan.
Demikian cara melakukan service dalam permainan tenis meja yang benar beserta macamnya. Beberapa langkah yang ada di atas dapat diikuti untuk melatih kemampuan service Anda dalam bermain tenis meja. Semoga bermanfaat.