Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Tehnik Pukulan Forehand Drive Tenis Meja

Permainan tenis meja adalah suatu permainan yang menggunakan meja sebagai lapangan yang dibatasi oleh jaring (net) yang menggunakan bola kecil yang terbuat dari celluloid dan permainannya menggunakan pemukul atau yang disebut bet (Depdiknas, 2003: 3). 

Ide dasar perminan tenis meja adalah menyajikan bola pertama dengan terlebih dahulu memantulkan bola tersebut ke meja penyaji, dan bola harus melewati atas net dan masuk kesasaran meja lawan dan juga mengembalikan bola setelah memantul di meja dengan menggunakan bet untuk memukul bola, hasil pukulan bolanya lewat di atas net dan masuk kesasaran meja lawan. Dalam menyajikan dan mengembalikan bola dapat dilakukan dengan cara pukulan forehand dan backhand.


Forehand adalah pukulan yang dilakukan di sebelah kanan pemain jika pemain tersebut menggunakan pegangan bet tangan kanan, begitupun sebaliknya. Sedangkan pukulan Backhand adalah adalah pukulan bola dengan posisi telapak tangan yang memegang bet atau raket menghadap ke belakang, atau posisi punggung tangan yang memegang bet atau raket menghadap ke depan.

Tehnik Pukulan Forehand Drive

Pukulan drive adalah pukulan dasar yang harus dikuasai oleh semua atlet tenis meja khususnya untuk atlet pemula. Drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari arah bawah serong ke atas dengan posisi bet dalam keadaan tertutup. Tujuan dari pukulan ini digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat di kontrol sesuai dengan keinginan pemain.

Forehand drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup dengan posisi bet berada disebelah kanan depan pemukul.

Cara melakukan tehnik Forehand drive 

Berikut ini adalah cara melakukan tehnik pukulan forehand drive, yaitu sebagai berikut:
  1. Kaki kiri berada di depan dan tubuh menyamping.
  2. Lengan berada di samping tubuh.
  3. Lengan atas dan tubuh membentuk sudut 45°.
  4. Lengan bawah dan lengan atas membentuk sudut 90°.
  5. Siku didorong ke depan.
  6. Ketika melakukan pukulan, bet dalam posisi tertutup.
  7. Bet diayunkan dari belakang ke depan, dan dari atas ke bawah.
Demikian penjelasan singkat tentang Cara Melakukan Tehnik Pukulan Forehand Drive dalam Tenis Meja. Semoga uraian ini bermanfaat untuk anda.

Kontak Kami

Nama Email * Pesan *