Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik Pukulan Forehand Block & Backhand Block Tenis Meja

Saat bermain tenis meja tentu saja para pemain harus menguasai yang namanya berbagai macam tehnik dasar permainan tenis meja, seperti salah satunya adalah menguasai berbagai macam jenis pukulan, servis, dan berbagai macam teknik dasar yang lainnya. Karena semua itu harus pemain kuasai dan pelajari saat ingin bermain ataupun bertanding tenis meja.

Jika para pemain sudah mengusai berbagai macam tehnik untuk bermain tenis meja maka akan mengurangi berbagai macam kesalahan saat ingin bermain olah raga ini. Karena itu dengan latihan yang rutin maka bisa mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ataupun dilakukan.

Salah satu tekhnik pukulan yang tentu saja bisa dipelajari serta digunakan oleh para pemain adalah teknik pukulan block. Teknik pukulan block ini sendiri digunakan saat ingin mengembalikan bola dengan sikap bet yang tertutup dan digunakan juga saat ingin mengembalikan bola-bola  top spin atau drive.


Teknik dari pukulan ini sendiri merupakan salah satu cara yang terbilang paling sederhana ketika ingin mengembalikan pukulan yang terbilang cukup keras, dan teknik pukulan block ini sendiri dilakukan setelah bola sudah memantul dari meja, dimana hal ini dilakukan supaya lawan tidak bisa melakukan  yang namanya serangan balik dengan cepat, karena bila sudah di block bola akan kembali dengan cepat.

Selain itu jug tekhnik ini pun sering kali digunakna di depan meja, maka tekhnik pukulan ini juga sering pula disebut dengan block pendek.

Tehnik Pukulan Block Dalam Tenis Meja

Tehnik pukulan block adalah Teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan atau membendung bola dengan sikap bet tertutup.

Tehnik Block Tenis Meja sendiri Terbagi Dalam 2 Macam, yaitu:

1. Forehand Block

Forhend Block dilakukan dengan gerakan bet di depan, dengan posisi bet tertutup yaitu sisi depan bet menghadap kebagian bawah

Selain itu juga perhatikanlah arah datangnya bola dari mana, baru anda  lakukan block dengan segera setelah bola sudah memantul dari meja. Perkenaan bola dengan bet harus tepat pada bagian tengah bet.

2. Backhand Block

Untu melakukan Backhand block posisi bet harus berada dibagain sebelah kiri tubuh (untuk yang memiliki pegangan tangan kidal berarti bet harus sebelah kanan), lalu gerakan bet kedepan, dan jika ingin melakukan yang namanya blocking maka posisi bet pun harus tertutup yaitu sisi bagian depan menghadap pada bagian kebawah.

Selain itu juga perhatikan darimana arahnya bola datang, dan barulah lakukan segera yang namanya block ketika bola sudah memantul dari meja, perkenaan bola dengan bet ini sendiri tepat berada pada bagian tengah bet.

Demikian sedikit ulasan seputar tehnik pukulan block pada tenis meja semoga bermanfaat dan selamat mencoba.