Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Rincian Minggu Efektif PPKn Kelas VII SMP. Menghitung minggu secara efektif adalah salah satu langkah pertama dalam mempersiapkan guru untuk mengelola pembelajaran. Langkah awal ini memudahkan guru menyiapkan perangkat pembelajaran lainnya.

Minggu efektif adalah cara menghitung jumlah hari dan minggu sebenarnya yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Tujuan penghitungan minggu efektif adalah untuk mempersiapkan dan merencanakan program pelatihan guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar di kelas dalam satu tahun. Dengan demikian tujuan pembelajaran pada setiap pelaksanaan pembelajaran dapat tercapai.  

Fungsi minggu efektif adalah  mengatur waktu belajar dan kegiatan  sekolah dari awal tahun ajaran pada bulan Juli sampai dengan akhir tahun ajaran pada bulan Juni.

Keuntungan menghitung dan menambahkan minggu secara efektif adalah: 

  • Ketahui hari mana yang produktif dan minggu mana yang tidak produktif untuk kegiatan belajar.
  • Menjadi pedoman bagi pendidik dan guru dalam mengalokasikan dan mengatur  waktu  kegiatan pembelajaran.
  • Menjadi rujukan dalam pembuatan perangkat pembelajaran seperti program tahunan (prota) dan program semester (promes). 
  • Memudahkan perencanaan pembelajaran bagi  pendidik dan guru.  Meningkatkan efisiensi pembelajaran di kelas.
  • Menghitung minggu efektif juga memungkinkan untuk lebih menyasar materi pendidikan dan sumber belajar yang harus diberikan kepada siswa.  

Cara Menghitung Jumlah Minggu Efektif

Langkah pertama: menyiapkan kalender pendidikan

Langkah pertama dalam menghitung  minggu efektif adalah menyiapkan kalender pendidikan yang akan digunakan di setiap daerah. Biasanya kalender pendidikan ini diumumkan oleh departemen pendidikan atau kantor Kementerian Agama  tempat Anda bekerja sebelum dimulainya tahun ajaran baru. 

 Misalnya, jika Anda mengajar di Indramayu,  Anda memerlukan kalender pendidikan yang digunakan di Indramayu yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu.  

Anda harus memiliki kalender terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah kota/kabupaten karena kalender pendidikan merupakan pedoman dalam membuat program pendidikan dan  lainnya. Ingatlah bahwa kalender pendidikan tidak dibuat oleh Anda tetapi oleh pemerintah.

Langkah kedua: Menghitung jumlah minggu

Kedua, menghitung jumlah minggu dalam sebulan dari bulan Juli (awal tahun ajaran) sampai dengan bulan Desember (akhir semester 1 atau semester ganjil). 

Kemudian hitung  minggu dari bulan Januari (awal semester kedua atau semester genap) sampai bulan Juni (akhir tahun ajaran)  tahun takwim berikutnya. 

Jumlah minggu produktif dalam sebulan dihitung jika terdapat minimal tiga hari produktif dalam seminggu. Misalnya, jika ada empat hari sah di minggu kelima bulan Juli dan dua hari sah di bulan Agustus, hitung minggu sah di bulan Juli.

Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Sahabat guru indonesia, telah kami jabarkan kepada anda secara singkat tentang  Alokasi Waktu berupa Rincian Minggu Efektif dan bagaimana cara menghtungnya. Untuk itu supaya anda lebih memahami mengenai cara menghitung minggu efektif, kami berikan kepada anda Analisis Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka.

Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka merupakan pedomana dasar pembelajaran PPKn di Kelas 7 SMP-MTs dengan di dasarkan pada pembagian minggu efektif yang tersedia dengan di sesuaikan dengan materi PPKn Kelas 7 SMP yang ada.

Untuk lebih jelas lagi tentang Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka, ada baiknya jika anda sebaiknya langsung saja mendownload Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka di link downloadnya.

Link download dari Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka sendiri kami sematkan di bawah ini. Silahkan download dan berikan tanggapan anda seputar Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka yang kami bagikan ini.

Rincian Alokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu PPKn Kelas VII SMPAlokasi Waktu PPKn Kelas 7 SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka - 2023/2024.