Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu Dalam Pembelajaran. Guru perlu memahami perhitungan alokasi waktu pembelajaran  sebagai acuan dalam membuat bahan ajar. Proses belajar yang baik tentunya memerlukan perhatian terhadap waktu yang Anda habiskan untuk belajar. 

Perlu adanya penyesuaian jangka waktu dari awal pembelajaran hingga berakhirnya kegiatan pembelajaran sesuai dengan tingkat kebutuhan siswa. 

Sederhananya, Alokasi waktu diartikan sebagai penyelarasan waktu dalam kurikulum. Waktu mengacu pada lamanya kegiatan pembelajaran, baik di kelas maupun di laboratorium. Alokasi waktu setiap kemampuan dasar ditentukan dengan mempertimbangkan jumlah, keluasan, kedalaman, kesulitan, dan pentingnya kemampuan dasar, serta jumlah minggu valid dan pembagian mata pelajaran per minggu. 

Penentuan Alokasi waktu harus memperhatikan pada pengembangan kurikulum dan perencanaan pembelajaran. Oleh karena itu, Alokasi Waktu harus memperkirakan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk setiap materi ajar. 

Alokasi Waktu harus bisa mencakup jumlah minggu dalam satu semester atau tahun akademik terkait dengan penggunaan waktu belajar untuk mata pelajaran tertentu.

#Distribusi Alokasi Waktu 

Kurikulum 2013maupun Kurikulum Merdeka membagi materi pembelajaran pada  tingkat SD/MI 35 menit, SMP/MT 40 menit, dan SMA/MA 45 menit.

Analisis distribusi alokasi waktu adalah jumlah minggu dalam satu semester atau tahun akademik yang berkaitan dengan penggunaan waktu belajar pada suatu mata pelajaran tertentu.

Pelacakan ini didasarkan pada  minggu total, minggu tidak efektif, dan  minggu efektif. Kepastian jumlah minggu sebenarnya dalam suatu semester atau tahun akademik untuk setiap satuan studi tertentu.

Ketika menganalisis manajemen alokasi waktu, seorang guru harus memperhatikan hal-hal berikut: 

  1. Gunakan kalender umum untuk menentukan jumlah minggu  dalam sebulan untuk semester/tahun ajaran.
  2. Melihat kalender pendidikan dan menentukan jumlah minggu efektif dan minggu tidak efektif  setiap bulan dalam semester/tahun ajaran.
  3. Pembagian waktu jam pelajaran untuk tiap unit pelajaran.
  4. Alokasi waktu jampelajaran untuk ulangan harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. 
  5. Mengalokasikan jumlah jam/waktu pelajaran efektif  dalam 1 tahun/semester  secara proporsional pada seluruh satuan dan semua jenis ujian. 
Dalam mengalokasikan waktu, kita perlu menghitung jumlah minggu efektif dengan memberikan jumlah hari efektif, atau dengan menghitung minggu efektif dengan ketentuan "total minggu - minggu tidak efektif = minggu efektif". 

Selanjutnya, alokasikan jumlah minggu yang valid pada seluruh kegiatan pembelajaran Anda di semester ini, termasuk kegiatan tatap muka, penilaian harian, PTS, PAS, dan Remedial.

Contoh

1. Pekan Keseluruhan

No Bulan Jumlah Minggu Keseluruhan Jumlah Jam Keterangan
1 Juli 3 6 1 Minggu = 2 JP

1x Pertemuan = 35 Menit
2 Agustus 4 8
3 September 4 8
4 Oktober 5 10
5 November 5 10
6 Desember 5 10
Jumlah 26 50

2. Pekan Tidak Efektif

No Bulan Jumlah Minggu Tidak Efektif Jumlah Jam Keterangan
1 Juli 2 4 MPLS, PTS, PAS
2 Agustus 0 0
3 September 0 0
4 Oktober 2 4
5 November 1 4
6 Desember 4 8
Jumlah 9 20

3. Pekan Efektif

26 Minggu - 9 Minggu = 16 Minggu

16 Minggu x 2 Jam Pelajaran = 32 Jam Pelajaran

No Kegiatan Minggu Efektif Jumlah Jam Pelajaran
1 Tatap Muka 11 22
2 Ulangan Harian 3 6
3 PTS 1 2
4 PAS 1 2
Jumlah 16 32

#Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka

Hay sobat gurumapel, terimaksih atas kunjungan anda di artikel kami Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka. 

Tentu saja kami memahami, kunjungan anda tentunya untuk mendownload file yang kami bagikan hari ini yaitu untuk Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka.

Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka ini kami bagikan gratis untuk anda, tentu saja untuk mendaptkannya anda harus mendownload file di link download yang sudah kami sematkan. Selain itu anda juga perlu mengikuti tahapan downloadnya untuk mendapatkan Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka ini.

Untuk link download dari Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka sendiri sudah kami sematkan di bawah ini.

Tapi sebelum mendownload, kalau anda kesulitan silahkan chatt kami, kami selalu sedia membantu anda. Baik silahkan download Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka di sini.

Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MIAlokasi Waktu PAI Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka - 2023/2024.