Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Surat Pribadi & Surat Dinas Beserta Unsur Serta Contohnya

Surat Pribadi dan Surat Dinas. Pada artikel Bahasa Indonesia Kelas VII kali ini kami akan menjelaskan perbedaan  surat pribadi dan surat dinas.

Lalu, apakah Anda pernah menulis surat? Menurut KBBI, surat adalah suatu tanda, keterangan, atau selembar kertas  yang ditulis atau berfungsi sebagai  sesuatu  yang tertulis. Surat dibagi menjadi dua kategori antara lain surat dinas dan surat pribadi. Tahukah kamu apa perbedaan  kedua jenis surat tersebut? Mari kita cari tahu bersama. 

#Surat Pribadi 

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk komunikasi pribadi, bersifat informal, dan memuat hal-hal yang bersifat pribadi. Surat pribadi ditulis oleh satu orang atau lebih kepada orang lain atau lembaga lain. Oleh karena itu, bahasa  surat pribadi akan bersifat pribadi, santai, mudah dipahami dan cocok untuk komunikasi. 

Surat pribadi yang ditulis oleh seseorang kepada orang lain. Seperti surat untuk berbagi kabar kepada kerabat. Sedangkan contoh surat pribadi yang dikirimkan kepada suatu instansi, seperti surat izin tidak masuk sekolah karena alasan apapun. 

Sekalipun susunan kata dalam surat resmi lebih terstandar dan mempunyai pola yang jelas, namun tidak demikian halnya dengan surat pribadi. Namun jika berbicara tentang surat pribadi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti sopan santun dan tata krama. Hal ini terutama berlaku ketika menulis kepada orang lain yang lebih dewasa. Di bawah ini adalah contoh  surat pribadi.

Surat pribadi di atas merupakan surat  dari seorang anak kepada orang tuanya. Seperti yang Anda lihat dari contoh ini, bahasa sehari-hari biasanya digunakan dalam surat pribadi.

Unsur - Unsur Surat Pribadi

Berikut ini dalah unsur-unsur yang terdapat dalam surat pribadi:

  1. Tempat serta tanggal penulisan surat
  2. Tujuan surat
  3. Salam pembuka
  4. Isi surat
  5. Salam penutup
  6. Identitas pengirim surat

Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi 1
(Surat Untuk Ayah dan Ibu)


Medan, 28 April 2023 

Kepada
Ayah dan Ibu 

Di Bandung


Assalamualaikum Wr.Wb. 

Ayah, Ibu, apa kabar? Semoga ibu dan ayah  selalu  sehat, amin. Alhamdulillah saya di sini  dalam keadaan sehat  dan baik-baik saja. 

Ayah dan Ibu, ini masih libur semester dan aku belum bisa kembali ke Bandung. Saya memutuskan untuk melakukan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) selama 90 hari di salah satu desa di Indramayu. Namun, yang  sedikit aku khawatirkan saat ini adalah tabunganku perlahan-lahan habis. 

Kalau bapak atau ibu punya uang, saya ingin ibu dan ayah mengirimkan uang kepada saya karena itu untuk bekal perjalanan pulang saya ke Bandung nantinya.

Aku berjanji kepada ibu dan ayahku bahwa aku akan belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar aku bisa mendapat nilai  sempurna dan  pulang tepat waktu. Aku sangat merindukan ibu, ayah, dan kakakku di rumah. Sampaikan salam pada saudaraku. 

Surat ini cukup untuk saat ini. Saya mohon doa restunya kepada bapak dan ibu agar saya dapat menyelesaikan ujian semester dan KKL dengan lancar dan tanpa kendala. Sekian suratku, Ayah dan Ibu, tetaplah sehat. 

Wassalamualaikum Wr.Wb. 


Salam dari putrimu tercinta. 

Devya Septiani

***

Contoh Surat Pribadi 2

Contoh Surat Pribadi 2
(Surat Izin Tidak Masuk Sekolah)


Indramayu, 20 Juli 2023

Yth. Bapak/Ibu Guru
Di SMP Negeri 1 Gurumapel.com


Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:
    
    Nama: Devya Septiani
    Kelas: 9A SMP Negeri 1 Gurumapel.com
    Alamat: Jl. By Pass Cadangpinggan No. 37

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah seperti biasanya dikarenakan sedang sakit. Oleh karena itu, kami selaku orang tua siswa memohon kepada Bapak/Ibu wali kelas untuk memberikan izin.

Demikian surat ini kami buat dengan kesadaran dan penuh rasa tanggung jawab. Terima kasih.


Hormat saya,

(Tanda tangan)

Ata Listanto

***

#Surat Dinas 

Surat Dinas disebut juga Surat Resmi. Surat resmi  adalah surat yang berisikan hal-hal resmi yang ditulis oleh suatu penguasa atau lembaga kepada seseorang atau penguasa lain. Contoh surat resmi antara lain  surat undangan, surat jual beli, surat kontrak, dan nota dinas. 

Saat menulis surat resmi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama penggunaan kata. Namun bahasa  surat resmi ini lebih sederhana dibandingkan dengan surat pribadi. Surat resmi tidak perlu kata-kata yang panjang. Gaya bahasa Surat Dinas lebih pendek, jelas, dan mengikuti pola tertentu. 

Surat resmi hanya dapat ditulis oleh suatu lembaga kepada lembaga atau perseorangan lainnya. Perorangan atau perseorangan tidak boleh menulis surat resmi. Oleh karena itu, surat resmi mempunyai kop surat dan nomor surat. Isi surat resmi menyangkut topik-topik resmi, seperti undangan rapat, lamaran, izin penggunaan fasilitas, dan lain-lain.

Unsur - Unsur Surat Dinas

Berikut merupakan unsur - unsur yang terdapat dalam surat resm:

  1. Kepala surat / kop surat
  2. Nomor surat
  3. Tanggal surat
  4. Lampiran surat
  5. Perihal surat
  6. Alamat surat
  7. Sakam pembuka
  8. Isi surat
  9. Penutup surat
  10. Identitas pengirim
  11. Salam penutup

Contoh Surat Dinas

***