Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Cerita Fantasi︱Definisi, Ciri, Struktur, Jenis & Contohnya

Teks Cerita Fantasi. Artikel ini menguraikan teks cerita fantasi, meliputi definisi, unsur, struktur, jenis, contoh, dan lain-lain. Mari kita belajar bersama! 

Kalau kamu membaca cerita seperti novel dan cerpen, kamu lebih suka genre apa? Kamu suka cerita horor, action, atau fantasi? Nah kali ini aku mau bahas tentang teks cerita fantasi yang sangat mengandalkan imajinasi pengarang dalam pembuatannya. cerita Saya akan menjelaskan secara detail. Seperti apa teks cerita fantasi? di sini kami jelaskan apa itu teks cerita fantasi.

#Definisi Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi yaitu teks yang berisi cerita berdasarkan imajinasi pengarang. Oleh karena itu, semua yang dikatakan di dalamnya tidak terjadi di dunia nyata. Faktanya, dalam cerita fantasi, imajinasi penulis mungkin tidak  diterima secara logis atau tidak masuk akal.  

Cerita fantasi sendiri dapat di gambarkan sebagai cerita fiksi yang bergenre fantasi, yaitu dunia fantasi yang diciptakan oleh pengarangnya. Dalam teks cerita fantasi, pengarang mampu mengubah segala sesuatu yang mustahil menjadi sebuah cerita  utuh. Karakter dan latar  dalam cerita fantasi juga murni ciptaan penulis dan mungkin didasarkan pada peristiwa asli di dunia nyata, dengan modifikasi.

Contoh teks cerita fantasi yang sangat populer adalah cerita Harry Potter karya J. K. Rowling. cerita ini terdiri dari tujuh seri dan mengikuti petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter dan kedua temannya, Ronald Bilius Weasley dan Hermione Jean Granger, yang merupakan siswa di Sekolah Sihir Hogwarts.

#Ciri-Ciri Teks Cerita Fantasi 

Teks cerita fantasi mempunyai beberapa ciri - ciri atau unsur, seperti: 

1. Mengandung keajaiban, keanehan, dan misteri 

Teks cerita fantasi ditulis dengan ide cerita berdasarkan imajinasi tanpa batas. Secara umum, teks cerita fantasi seringkali mengandung unsur magis, keanehan, misteri, atau hal-hal lain yang bersifat supernatural atau tidak realistis dan tidak masuk akal. 

 2. Menggunakan latar yang berbeda - beda (melintasi ruang dan waktu) 

Berbeda dengan cerita biasa, cerita bergenre fantasi biasanya menggunakan berbagai  latar yang melintasi ruang dan waktu. Misalnya, pengaturan ruang angkasa, kerajaan bawah laut, lingkungan multi-dunia, dll. 

3. Karakter unik (memiliki kekuatan super) 

Tokoh dalam teks cerita fantasi biasanya mempunyai ciri khas tersendiri, seperti  kesaktian, kesaktian, atau kesaktian. Ada juga cerita fantasi yang menampilkan makhluk non-manusia, seperti putri duyung, setengah manusia, setengah kuda, manusia bersayap kupu-kupu,  dan alien.

4. Hanya bersifat fiksi

Teks cerita fantasi tergolong  teks  fiksi karena ceritanya murni fantasi. Cerita Ini ditulis oleh penulis berdasarkan fantasinya dan tidak terjadi di dunia nyata.

5. Menghindari Bahasa Formal 

Cerita fantasi sering kali menggunakan sinonim emosional dan varian kata yang sangat menonjol. Bahasa yang digunakan dalam cerita fantasi selalu beragam dan ekspresif, menggunakan dialog yang beragam dan menghindari bahasa formal.

#Struktur Teks Cerita Fantasi 

Teks cerita fantasi mempunyai struktur yang perlu Anda ketahui agar dapat menganalisis teks tersebut dengan lebih mudah. Struktur teks cerita fantasi adalah sebagai berikut: 

a. Orientasi 

Orientasi merupakan struktur awal atau pembuka dalam teks cerita fantasi. Bagian orientasi meliputi pengenalan tokoh, latar, kepribadian dan kualitasnya, serta pengenalan konflik awal bagi pembaca. 

b. Komplikasi 

Pada bagian yang kompleks, muncul konflik dan permasalahan dalam cerita  hingga  mencapai klimaks. Biasanya, bagian ini memuat hubungan sebab-akibat, sehingga masalah terjadi silih berganti hingga masalah mencapai puncaknya. 

3. Resolusi 

Bagian resolusi merupakan bagian dari cerita fantasi. Bagian ini memberikan solusi terhadap masalah atau konflik yang ditemui di bagian komplikasi. 

4. Ending 

Bagian ending merupakan bagian penutup, bagian ini juga merupakan bagian yang paling dinantikan oleh  pembaca fantasi. Kisah fantasi ini bisa berakhir bahagia atau berakhir menyedihkan.

#Jenis Teks Cerita Fantasi 

Ada banyak jenis teks cerita fantasi. Jenis teks dalam cerita fantasi antara lain: 

1. Jenis teks cerita fantasi sesuai kehidupan nyata 

Teks cerita fantasi  dibagi menjadi dua jenis, bergantung pada pandangan dunia dan tingkat adaptasinya terhadap kehidupan nyata yaitu cerita fantasi irisan dan cerita fantasi total.

  1. Cerita fantasi irisan
    Dalam cerita fantasi yang diedit, masih terdapat unsur  campuran peristiwa nyata dan fantasi. Misalnya, cerita "Putri Salju dan Tujuh Kurcaci" berlatar di hutan. Hutan di sini merupakan elemen tebangan yang masih ada di dunia nyata.
  2. Cerita fantasi total
    Dalam cerita fantasi yang lengkap, tokoh, latar, ide cerita, dan bahkan setiap elemen di dalamnya  sepenuhnya fantasi, tanpa tercampur dengan peristiwa dunia nyata. Misalnya saja cerita  alien yang berlatar di planet asing. 

2. Jenis teks cerita fantasi sesuai latar cerita

Teks cerita fantasi dibedakan menjadi dua jenis, tergantung pada latar ceritanya, di antaranya yaitu cerita fantasi lintas waktu dan cerita fantasi sezaman. 

  1. Cerita fantasi lintas waktu
    Cerita fantasi lintas waktu adalah cerita fantasi dengn menggunakan dua atau lebih latar waktu yang berbeda. Misalnya, pengarang menggunakan latar sejarah masa lalu dan masa kini dalam rangkaian ceritanya.
  2. Cerita fantasi sezaman
    Cerita fantasi sezaman yaitu cerita fantasi yang  menggunakan latar satu kali waktu. Contoh pengaturan waktunya misalnya sekarang, masa lalu, dan masa depan.

#Tujuan Teks Cerita Fantasi

Tujuan  cerita fantasi adalah untuk memberikan hiburan kepada pembaca atau pemirsanya. Cerita fantasi untuk anak biasanya memuat nasehat atau pesan moral dari penulisnya. Namun, tetap saja walaupun terselip pesan moral dan nasehat tetap saja ini tidak meninggalkan tujuan utamanya yaitu memberikan hiburan pada pembaca atau penonton.

#Contoh Teks Cerita Fantasi

#Pensil Ajaib#

Aurora adalah  gadis miskin tapi pintar. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya  untuk belajar dan membantu orang tuanya. Selain itu, Aurora juga suka menghabiskan waktunya dengan melukis. 

Sayangnya,  ia tidak bisa lagi menggambar karena pensilnya hampir habis dan memendek serta tidak bisa digunakan lagi. Aurora juga tidak bisa membeli pensil baru karena uangnya tidak cukup. 

Dalam kesehariannya, Aurora membantu orang tuanya mengumpulkan plastik dari jalanan. Saat mengambil plastik, Aurora menemukan  pensil  tergeletak di jalan. Aurora  dengan senang hati melakukan pekerjaannya tersebut, karena ia tahu bahwa jika ia dapat menemukan plastik, ia akan dapat menggambar lagi. 

Sesampainya di rumah, Aurora mulai mengeluarkan pensil yang ditemukannya di jalan. Aurora sedang mencoba menggambar bunga di atas kertas. Ketika dia selesai menggambar, dia tiba-tiba berubah menjadi bunga asli dan berbaring di atas kertas yang sedang dia gambar. 

Aurora kaget dan tidak percaya. Dia mulai menggambar ayam untuk melihat apakah yang dilihatnya itu nyata. Sesaat setelah selesai menggambar ayam tersebut, Aurora kembali terkejut, karena hal serupa terjadi, tiba-tiba ia melihat seekor ayam hidup berkokok dengan keras tepat di depannya. 

Sekarang dia menyadari bahwa dia mempunyai Pensil ajaib. Dia dengan cepat memperoleh berbagai hal yang dibutuhkan keluarga. Ia memunguti beras, sembako, lauk pauk, uang, dan berbagai kebutuhan lainnya. 

Ketika orang tua Aurora tiba, mereka terkejut saat mengetahui bahwa di rumah tersebut terdapat begitu banyak barang yang mereka butuhkan. Saking bahagianya kebutuhannya terpenuhi, ibunya hampir menangis. 

Tetap saja, Aurora menggunakan Pensil ajaib itu dengan hati-hati. Dia tidak hanya menciptakan sesuatu dengan Pensil ajaib. Dia tahu bahwa bereaksi berlebihan  akan menimbulkan bencana bagi dirinya dan keluarganya. 

***

Kalian sudah membaca pembahasan singkat dari Teks Cerita Fantasi dari mulai Definisi, Ciri, Struktur, Jenis & Contohnya bukan?. Semoga pembahasan ini bermanfaat.