Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar Sejarah. Indonesia secara geografis terletak pada poros dunia, yaitu pertemuan dua samudera dan dua benua. Negara ini juga memiliki potensi yang kaya berkat garis pantai terpanjang kedua di dunia (95.181 km), yang sebagian besar dapat dikunjungi oleh pedagang global yang mengandalkan jalur laut.

Kekayaan yang melimpah inilah yang melahirkan komunitas pesisir, budaya pesisir, dan kerajaan pesisir yang tersebar di pesisir pantai Indonesia. Indonesia juga memiliki 55.475.183.025 spesies tumbuhan di dunia, dimana 14.800 hingga 18.500 spesies diantaranya merupakan spesies endemik Indonesia.

Jumlah tersebut termasuk banyak rempah-rempah yang hanya tumbuh di Indonesia. Kekayaan inilah yang menjadi daya tarik pergerakan manusia dari berbagai belahan dunia dengan tujuan dan kepentingan yang beragam seperti perdagangan, kolonialisme, penyebaran agama, petualangan ilmuwan, tokoh budaya, dan banyak lagi.

Secara historis, penduduk nusantara cukup terbuka terhadap kedatangan orang dari daerah lain dan bisa hidup berdampingan dengan mereka. Migrasi manusia purba yang terjadi sejak masa pra-aksara dan munculnya berbagai bangsa di nusantara selama berabad-abad telah menjadikan Indonesia memiliki keberagaman suku, bahasa, agama, kepercayaan, dan keberagaman budaya.

Tema-tema sejarah yang berhubungan dengan manusia dan dunianya pada zaman dahulu menempati tempat yang strategis dalam pengembangan profil pelajar Pancasila. Guru dapat mengajak siswa menelusuri berbagai peristiwa sejarah dan mengambil hikmah berharga dari masa lalu agar dapat menjadi individu yang bertaqwa, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; keragaman global; bekerja sama; kemerdekaan; Penalaran kritis; dan kreativitas..

Konsep Pembelajaran Sejarah

Guru perlu memahami bahwa pembelajaran sejarah di SMA harus mendorong siswa berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan berpikir sejarah. 

Siswa dapat mulai diajak mengamati peristiwa dan monumen serta praktik kehidupan masyarakatnya yang sebenarnya mempunyai akar sejarah yang panjang.

Pembelajaran sejarah harus dilakukan secara kontekstual melalui hal-hal yang dekat dengan siswa sebelum terjebak pada masa lalu. Siswa juga dapat diminta untuk mulai berpikir seperti sejarawan untuk mampu menalar melalui penelitian sejarah sederhana terkait fenomena sejarah di sekitarnya dengan mengumpulkan, mengklasifikasikan dan mengkritisi sumber-sumber sejarah sebelum menafsirkan dan menulis 'sejarah'.

Penyajiannya tidak harus dalam bentuk tertulis tetapi dapat dilakukan dalam bentuk dan media lain yang menarik. Karena itu, Pembelajaran sejarah di tingkat menengah tidak akan kering dan membosankan..

Perangkat Ajar Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat gurumapel khususnya untuk anda guru sejarah, seirama judul yang kami buat, kami selaku admin gurumapel.com hari ini telah menerbitkan Perangkat Pembelajaran Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka untuk anda download.

Perangkat Pembelajaran Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka merupakan dokumen pembelajaran yang mendukung segala macam aktivitas pembelajaran guru sejarah SMA kelas 11 baik di kelas ataupun di luar kelas.

Perangkat Pembelajaran Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka ini memuat dokumen - dokumen penting pembelajaran sejarah, oleh karena itu sebaiknya anda download Perangkat Pembelajaran Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan ini.

Link untuk mendownload Perangkat Pembelajaran Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka sendiri telah kami sisipkan di bawah ini. Jadi mangga bapak - ibu, Perangkat Pembelajaran Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka ini silahkan di download.

Perangkat Sejarah Kurikulum Merdeka Kelas 11 SMA Semester 1 dan 2

  1. Cover ⊗ Sini Broo
  2. Alokasi Waktu  Sini Broo
  3. Analisis Keterkaitan CP/TP  Sini Broo
  4. Analisis Kompetensi  Sini Broo
  5. Analisisis SKL  Sini Broo
  6. Pemetaan Kompetensi / Penilaian  Sini Broo
  7. Penetapan IPK  Sini Broo
  8. KKTP / KKM ⊗ Sini Broo
  9. Jurnal Mengajar ⊗ Sini Broo
  10. Program Semester ⊗ Sini Broo
  11. Program Tahunan ⊗ Sini Broo
  12. ATP/Silabus  Sini Broo
  13. Modul Ajar/RPP  Sini Broo
  14. Buku Paket Merdeka  Sini Broo