Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar Fisika Kelas 12 SMA. Fisika adalah ilmu yang mempelajari  kejadian-kejadian di alam. Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman daripada hafalan, namun pemahaman konseptual menitikberatkan pada proses dimana data direpresentasikan secara matematis, data direpresentasikan berdasarkan aturan-aturan tertentu, dan pengetahuan dibentuk melalui penemuan saat belajar. 

Pembelajaran fisika yang baik didasarkan pada sifat-sifat fisika dan menuntut siswa  menguasai proses fisika dan produk fisika. Produk fisik dalam hal ini meliputi teori, prinsip, hukum, dan lain-lain. Prosesnya adalah  bagaimana Anda dapat menemukan lebih banyak produk  dalam penerapan produk tersebut dalam peristiwa sehari-hari. 

Tujuan pendidikan fisika adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Pembelajaran fisika hendaknya menekankan konsep-konsep fisika berdasarkan hakikat ilmu pengetahuan, meliputi produk, proses, dan sikap ilmiah.

Peta Konsep Pembelajaran Fisika Kelas XII

Secara umum konsep pembelajaran fisika di kelas XII adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir dan bernalar serta kompeten dan melakukan karya ilmiah. Pembelajaran dimulai dari suatu inovasi atau produk teknologi atau suatu permasalahan/pertanyaan yang memicu rasa ingin tahu. 

Proses pembelajaran fisika di kelas XII menekankan pada hasil kerja siswa dalam berbagai tugas, yang akan menjadi pengalaman belajar siswa, dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan sikap siswa.

Kegiatan penelitian sains yang rutin dilakukan pada setiap pembelajaran mendorong siswa untuk memahami konsep fisika dan mengembangkan kemampuan berpikir ilmiahnya. Materi pembelajaran selalu terhubung dengan dunia nyata sehingga siswa dapat melihat penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari.

Pemanfaatan teknologi berupa virtual lab dan aplikasi selalu hadir dalam setiap proses pembelajaran. Penilaian formatif dilakukan secara berkala untuk memantau kemajuan belajar siswa..

Perangkat Ajar Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat guru,..!!!

Segala puji dan syukur admin gurumapel.com panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kuasa dan rahmatnya hingga admin dapat membagikan Perangkat Ajar Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka kepada bapak ibu guru semua.

Tentunya Perangkat Ajar Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang admin bagikan ini dapat di gunakan sebagai pedoman atau panduan pembelajaran bagi bapak ibu guru semua saat mengajar fisika di kelas.

Dalam Perangkat Ajar Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka memuat beberapa dokumen pembelajaran fisika di antanya yaitu, ATP, Modul Ajar, KKTP, Prota, Promes, Alokasi waktu, Analisis CP - TP, Analisis SKL, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, ada baiknya silahkan langsung saja anda download Perangkat Ajar Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan ini.

Link download dari Perangkat Ajar Fisika Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka tersedia di bawah ini, silahkan download dan semoga bermanfaat.

Perangkat Ajar Fisika Kurikulum Merdeka Kelas 12 SMA Semester 1 dan 2 :