Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA. Belajar bukan sekedar proses menghafal dan mengumpulkan pengetahuan, tetapi juga cara dimana pengetahuan yang diperoleh membawa pemahaman kepada siswa  melalui keterampilan berpikir. Biologi sebagai salah satu subbidang ilmu pengetahuan alam (IPA)  meliputi observasi, pembentukan hipotesis, penggunaan alat dan bahan, menanya, mengolah dan menafsirkan data,  mengkomunikasikan hasil secara lisan atau tertulis, menganalisis dan mengorganisasikan isu-isu penting. kemampuan untuk Informasi untuk menguji ide dan memecahkan masalah sehari-hari. 

Guru memainkan peranan penting dalam proses pembelajaran, namun mereka melakukan lebih dari sekedar memberi informasi kepada siswa. Bergantung pada kemajuan dan kebutuhan saat ini, guru  memahami berbagai gaya siswa dan membantu mereka mengatasi tantangan belajar. 

Guru juga ingin mendorong pembelajaran dan memberikan kenyamanan belajar agar seluruh siswa dapat mengembangkan potensinya secara efektif. Dalam hal ini guru harus kreatif, profesional dan menyenangkan. 

Mempelajari biologi berarti menemukan dan memahami alam secara sistematis. Oleh karena itu, pembelajaran biologi tidak hanya mengajarkan pengetahuan khusus berupa fakta dan konsep, tetapi juga tentang proses penemuan, sehingga siswa harus mampu berpikir jernih. 

Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran baru untuk mendorong perubahan, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan memuaskan rasa ingin tahu siswa. Segala bentuk perencanaan pembelajaran guru dalam kurikulum mandiri dapat dilaksanakan dalam bentuk manajemen/perangkat pengajaran bagi guru.

Tujuan Pembelajaran Biologi di Kurikulu Merdeka

Secara konsep setiap pembelajaran memiliki tujuan, begitu pula pembelajaran biologi. Tujuan pembelajaran biologi di kurikulum merdeka dapat di jabarkan di bawah ini.

Dengan mempelajari biologi, siswa dapat:

  • Mempunyai rasa takut dan syukur terhadap Sang Pencipta (sifat spiritual) serta rasa hormat terhadap seluruh makhluk hidup di lingkungannya;
  • Menghargai perbedaan pendapat, budaya dan karakteristik lingkungan;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok yang berbeda sesuai peraturan perundang-undangan;
  • Memiliki pemahaman tentang hubungan dan proses kehidupan yang terlibat;
  • Memahami gagasan dasar, konsep dan model sistem biologi dalam kaitannya dengan kehidupan dan segala sesuatu, mulai dari sistem subseluler hingga sistem biologis;
  • Pemahaman tentang bagaimana pengetahuan dalam biologi berkembang seiring berjalannya waktu dan terus berkembang; ketika para ilmuwan menggunakan biologi dan berbagai aplikasi; dan bagaimana pengetahuan biologi mempengaruhi masyarakat secara lokal, regional dan global;
  • Memahami permasalahan permasalahan kehidupan pada tingkat pribadi, keluarga, lingkungan di seluruh dunia dan menerapkan pengetahuan biologi untuk mengatasi permasalahan ini;
  • Menciptakan ide-ide dari berbagai adopsi, perubahan, kreasi baru berdasarkan hasil eksperimen;
  • Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian lapangan, laboratorium, dan lainnya, termasuk pengumpulan dan analisis data kualitatif dan kuantitatif serta interpretasi bukti.

Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat guru,..!!!

Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka merupakan bahan pelengkap bagi guru Biologi SMA Kelas 12 dalam melaksanakan pembelajaran.

Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka berisi tentang langkah kegiatan pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi, rencana, batasan waktu, dan lain-lain. yang terstruktur dan terencana. 

Untuk itu kami menyarankan kepada anda sebagai guru biologi kelas 12 SMA untuk mempunyai Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka sebagai penunjang proses belajar mengajar anda.

Untuk itu silahkan download Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan, dan dapatkan Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka. 

Download Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka dari link download yang tersedia disini. Silakan download dan dapatkan Perangkat Ajar Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan secara gratis ini.

Perangkat Ajar Biologi Kurikulum Merdeka Kelas 12 SMA Semester 1 dan 2 :