Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA. Belajar tidak hanya sekedar proses menghafal dan mengumpulkan pengetahuan, tetapi juga bagaimana pengetahuan yang diperoleh membuat siswa memahami melalui kemampuan berpikirnya. Biologi sebagai salah satu bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) mencakup keterampilan metodologis, meliputi keterampilan mengamati, membuat hipotesis, menggunakan alat dan bahan, mengajukan pertanyaan, mengolah dan menafsirkan data, dan mengkomunikasikan hasil secara lisan atau tertulis, analisis dan pengorganisasian hal-hal penting baik fakta dan informasi untuk menguji ide atau memecahkan masalah setiap hari.

Dalam proses pembelajaran, guru memegang peranan penting yang tidak sebatas memberikan informasi kepada siswa. Sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan saat ini, guru akan mampu memahami siswa dengan gayanya yang berbeda-beda untuk dapat membantunya mengatasi permasalahan belajar. 

Guru juga ingin memajukan pembelajaran, memberikan kemudahan belajar bagi seluruh siswa, sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya secara efektif. Dalam hal ini guru harus kreatif, profesional dan menyenangkan.

Pembelajaran biologi merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan cara menemukan dan memahami alam secara sistematis, sehingga pembelajaran biologi tidak hanya mengetahui suatu pengetahuan tertentu berupa fakta, konsep, tetapi juga dalam proses penemuannya, sehingga siswa harus mampu berpikir jernih. 

Oleh karena itu, untuk mendorong perubahan, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan memuaskan rasa ingin tahu siswa, diperlukan strategi pembelajaran baru. Segala bentuk rencana pembelajaran guru di kurikulum merdeka dapat di tuangkan dalam bentuk perangkat administrasi guru / perangkat ajar.

Perangkat Yang di Persiapkan Guru di Kurikulum Merdeka

Secara konsep ada beberapa perangkat administrasi guru yang perlu di persiapkan di kurikulum merdeka. Berikut adalah beberapa contoh perangkat ajar yang perlu di persiapkan guru biologi kelas 11 SMA.

# Kalender Akademik

Kalender akademik merupakan kalender yang mencatat kronologi lengkap proses pendidikan dari awal tahun ajaran baru sampai dengan tahun ajaran berikutnya. 

# Rincian Alokasi Waktu

Alokasi waktu adalah waktu yang diperlukan untuk memperoleh keterampilan dasar tertentu, dengan memperhatikan jumlah minggu kerja aktif per semester, alokasi waktu per mata pelajaran per minggu, dan jumlah keterampilan per semester. Pada periode ini, aktivitas siswa di kelas akan lebih terfokus.

# Analisis hasil belajar dan tujuan pembelajaran

CP merupakan keterampilan belajar yang perlu diperoleh siswa pada setiap tahapan, mulai dari tahap dasar pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah atas. Sedangkan tujuan pembelajaran (TP) adalah keterampilan yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Dengan melakukan analisis CP dan TP, guru dapat menentukan langkah atau langkah berdasarkan mata pelajaran.

# Program tahunan

Program Tahunan adalah rencana pengajaran dan pembelajaran terorganisir yang tersebar dalam satu tahun akademik, dengan mempertimbangkan analisis kurikulum terkini dan perhitungan mingguan.

# Program semester

Program semester adalah jenis program tahunan yang menggambarkan pembelajaran dan prestasi yang ingin dicapai selama 1 semester. Dengan program semester ini, Anda akan lebih mudah menyelesaikan mata kuliah yang Anda mampu. 

# KKTP

KKTP merupakan seperangkat kriteria atau pedoman yang menunjukkan seberapa baik siswa telah mencapai keterampilan dan tujuan pembelajaran tertentu. KKTP berfungsi membantu praktisi melakukan refleksi proses pembelajaran dan mengevaluasi keterampilan belajar siswa.

# Modul Ajar

Modul ajar adalah serangkaian alat atau petunjuk, metode, pedoman atau petunjuk yang disusun secara sistematis dan efektif. Modul pengajaran merupakan implementasi dari seperangkat tujuan pembelajaran yang diturunkan dari hasil pembelajaran dan bertujuan untuk membentuk profil siswa Pancasila.

8. ATP

Jika hasil belajar (CP) adalah keterampilan yang harus diperoleh siswa pada akhir periode ini, maka ATP adalah tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Sahabat guru,..!!!

Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 merupakan dukumen pendukung pembelajaran guru biologi kelas 11 SMA di kurikulum merdeka.

Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka memuat langkah - langkah pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi, strategi, alokasi waktu dll yang di susun secara sistematis dan terencana.

Untuk itu kami sarankan kepada anda guru biologi kelas 11 SMA untuk memiliki Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka ini sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar anda.

Untuk itu silahkan download Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan ini, dan dapatkan Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka ini.

Link download Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka tersedia disini, silahkan akses dan miliki Perangkat Ajar Biologi Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan secara gratis ini.

Perangkat Ajar Biologi Kurikulum Merdeka Kelas 11 SMA Semester 1 dan 2 :