Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Kerja Ektrakurikuler PMR Tingkat SMP/MTs

Program Kerja PMR. Syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Tuhan Semesta Alam yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk bernafas, sekaligus berkarya dan beraktivitas untuk negara tercinta kita Republik Indonesia umumnya dan bagi penulis gurumapel.com pada khususnya. Semoga setiap gerak dan langkah yang kita lakukan, merupakan suatu ibadah yang akan mendapatkan ridho dan rahmat dari Allah SWT. Amin.

Pada penulisan kali ini, penulis berbagi kembali tentang file-file yang berhubungan dengan dunia pendidikan yaitu mengenai Program Kerja Ekstrakurikuler PMR. Pada Penyusunan Program Tahunan kegiatan Ekstrakurikuler PMR ini dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan langkah dan arah kegiatan PMR sekolah yang tertib dan tertur serta bertujuan menjadikan anggota dapat lebih mahir baik dalam materi maupun praktek dan tercapai apa yang diharapkan. 

Guna mewujudkan hal itu semua, kami sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak baik kepala sekolah, dewan guru, karyawan, komite sekolah, dewan kerja, pelatih, pembimbing, serta semua organisasi yang ada di sekolah.

Kegiatan ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) adalah merupakan salah satu upaya untuk mengarahkan siswa dalam pembinaan diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, Idealisme, mempunyai wawasan yang luas, kokoh kepribadian, memiliki kesegaran jasmani dan daya kreasi serta dapat mengembangkan kemandirian, kepemimpinan, ilmu kesehatan, keterampilan, semangat kerja keras, dan kepeloporan. 

Garis Besar Haluan Negara (GBHN) menyatakan bahwa generasi muda yang termasuk siswa adalah penerus tujuan perjuangan bangsa dan sumber manusia untuk pembangunan nasional yang berdasarkan pancasila dan Undang-undang dasar 1945.

Pembinaan pendidikan kesehatan yang dilakukan di sekolah adalah sangat penting. Tujuan pembinaan ini adalah melaksanakan salah satu kegiatan pendidikan bela negara dan latihan awal bagi siswa dalam menerapkan Tri Bhakti dan Prinsip-prinsip Palang Merah, juga bertujuan untuk menanamkan rasa disiplin, memperkuat semangat kebangsaan, patriotisme serta rasa tanggung jawab yang tinggi bagi siswa dan tidak lupa menjaga persatuan dan kesatuan dalam semangat PMR dan biasa dikenal dengan "JIWA KORSA" (korp satu rasa) yaitu perasaan yang tertanam dalam hati siswa untuk saling mencintai, menghormati dalam kelompok, satu kesatuan hidup atau dalam organisasi. 

Berdasarkan hal itu, kami menyusun Program Kerja Ekstrakurikuler PMR ini, dengan harapan pedoman pelaksanaan kegiatan PMR di Sekolah kami dapat pula di terapkan di sekolah Bapak/Ibu semua.

Pelaksanaan pendidikan kesehatan yang diadakan di sekolah sangat penting. Tujuannya adalah untuk melaksanakan salah satu kegiatan pendidikan bela negara dan latihan awal bagi siswa dalam mengamalkan Tri Bhakti dan Prinsip – prinsip Palang Merah, juga untuk menanamkan rasa disiplin, memperkuat semangat kebangsaan, patriotisme serta rasa tanggung jawab yang tinggi bagi siswa dan juga menjaga kesatuan dan persatuan dalam semangat PMR dan biasa dikenal dengan “JIWA KORSA” (korp satu rasa) yaitu perasaan yang tertanam dalam hati para siswa untuk saling mencintai, menghormati dalam pasukan, satu kesatuan hidup ataupun dalam organisasi. Oleh karena itu, kami menyusun Program Tahunan Ekstrakurikuler PMR ini, dengan harapan petunjuk dan pedoman yang ada didalamnya dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan kegiatan PMR di Sekolah Bapak/Ibu.

Adapun diadakannya program kerja Ekstrakurikuler PMR bertujuan Sekolah sebagai sarana belajar untuk mendisiplinkan siswa-siswi yang bertanggung jawab dan memiliki pengetahuan kesehatan yang tinggi. Setelah siswa mendapatkan materi kepalangmerahan diharapkan mereka dapat melanjutkan Organisasi PMR di tingkat SMU dan tetap aktif di dalamnya.

Sebagai gantinya, Untuk target Program kerja Tahunan sebagai cara untuk semua kegiatan di PMR sekolah maka dianggap perlu menyusun suatu perencanaan karena dengan perencanaan yang dewasa, maka menentukan  mutu kegiatan tentu berdampak pada hasil, tetapi apapun perencanaannya jika tidak diimbangi faktor yang mendukung dari pihak manapun semua itu tidak akan terwujud dengan baik, untuk itu semoga pihak-pihak terkait khususnya pihak sekolah dapat mewujudkan apa-apa yang di perlukan demi kelancaran kegiatan ini.

Akhirnya kami selaku penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pengunjung blog pendidikan gurumapel.com karena berkat anda blog ini terus eksis dan teus maju dan berkembang. Untuk mereka yang membutuhkan program kerja ekstrakurikuler Program Kerja Ektrakurikuler PMR Tingkat SMP/MTs untuk Kurikulum Merdeka silahkan unduh tautan di bawah ini.

Program Kerja Ektrakurikuler PMR

Silahkan bapak ibu download Program Kerja Ektrakurikuler PMR Tingkat SMP/MTs di sini.

Program Kerja PMR Program Kerja Ektakurikuler PMR Tingkat SMP/MTs