Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Antropologi Kelas 12 | Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Antropologi. Belajar antropologi tidak bisa dilepaskan dari konteks perkembangan keilmuan yg berkaitan dengan sejarah kehidupan masyarakatnya, terlebih lagi di dalam penerapan antropologi di kurikulum merdeka. 

Tujuan pedagogi antropologi pada Sekolah Menengah Atas merupakan menaruh dasar-dasar pengetahuan antropologi supaya murid bisa tahu & menyelidiki secara kritis beberapa konsep dasar kebudayaan, termasuk didalamnya bahasa, iptek, & religi dan agama  pada warga . 

Kompetensi keilmuan diperlukan supaya siswa bisa memahami keanekaragaman budaya Indonesia yg beragam dengan lebih arif, rasional, kritis, & objektif. Diharapkan, setelah memahami konsep dasar antropologi siswa bisa menerapkan kompetensi tersebut di lingkungan masyarakat sebagai akibatnya bisa mewujudkan & mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan tercipta harmoni pada keragaman.

Pembelajaran antropologi dalam kurikulum merdeka dikembangkan menggunakan pendekatan kontekstual sebagai akibatnya menaruh rasa ingin memahami siswa. 

Disamping itu pembelajaran antropologi di kurikulum merdeka ini diharapkan bisa di jadikan acuan bagi guru, orang tua/wali dan pemangku kepentingan lainnya agar siswa lebih memahami konsep pembelajaran antropologi.

Konsep Modul Ajar Antropologi Kelas 12 SMA

Indonesia adalah warga majemuk baik menurut aspek suku, agama, ras juga golongan. Perjalanan sejarah yg relatif panjang menciptakan Indonesia mempunyai keragaman  kebudayaan. Keragaman budaya Indonesia sudah sebagai bukti diri warga  Indonesia. Namun, keragaman kebudayaan jua memunculkan kerentanan. Perbedaan budaya antar anak bangsa rentan dieksploitasi & berpotensi melahirkan perpecahan juga pertarungan sosial.

Untuk mengantisipasi disintegrasi, pendiri bangsa menciptakan mufakat beserta mengenai dasar negara yakni Pancasila, menjadi dasar filosofi negara Indonesia. Bhinneka tunggal ika yg sebagai slogan Pancasila, sebagai pengikat bagi semua anak bangsa indonesia supaya hayati pada harmoni di tengah keragaman. 

Dalam konteks antropologi menjadi salah satu disiplin pengetahuan pada ilmu sosial humaniora, bisa sebagai instrumen pada mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai akibatnya siswa bisa membuatkan perilaku saling menghormati & menghargai disparitas pada warga  multi kultur. 

Pembelajaran antropologi diperlukan untuk mendorong integrasi nasional di tengah warga  yg beragam. Dengan demikian, selesainya memeriksa antropologi, siswa bisa membuatkan akhlak & budi pekerti mulia, menghormati disparitas, membuatkan perilaku toleransi, simpati & empati. 

Modul Ajar Antropologi Kelas 12 jenjang SMA/MA sederajat adalah pedoman terutama buat para pengampu mata pelajaran antropologi selama satu tahun pelajaran. 

Modul Ajar Antropologi Kelas 12 SMA ini diperlukan sebagai panduan bagi guru, orang tua/wali dan pemangku kepentingan lainnya dalam memfasilitasi siswa guna bisa mencapai kompetensi yg sudah ditetapkan.

Link Modul Ajar Antropologi Kelas XII | Kurikulum Merdeka

Sahabat gurumapel.com, sesuai dengan judul yang tertera di atas, bahwasanya hari ini admin akan berbagi Modul Ajar Antropologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka.

Modul Ajar Antropologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka yang kami susun merupakan panduan atau pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Antropologi di kelas 12 SMA/MA sederajat supaya siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran antropologi lebih mudah.

Bapak/ibu silahkan dapatkan Modul Ajar Antropologi Kelas 12 Kurikulum Merdeka ini secara gratis, link unduhannya sendiri tersedia di bawah ini.

☑ Download Modul Ajar Antropologi Kelas XII SMA Kurikulum Merdeka

2. Download Modul Ajar Antropologi Kelas 12 SMA Semester 2