Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Sosiologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Sosiologi Kelas 12 SMA. Dalam arti harfiah, sosiologi berasal dari kombinasi dua kata, yaitu "socius" (bahasa Latin) berarti kawan dan "logos" (bahasa Yunani) yang bermakna pengetahuan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. 

Ilmu Pengetahuan Sosiologi mempelajari perilaku manusia dan masyarakat dalam kelompok yang sedang dibangun. Contoh kelompok tersebut adalah keluarga, suku, negara, hingga organisasi politik.

Menurut Max Weber, sosiologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi timbal balik dan hubungan antara berbagai fenomena sosial seperti fenomena moral, fenomena agama, fenomena keluarga, dan fenomena ekonomi.

Definisi sosiologi menurut Emile Durkheim adalah ilmu yang mengkaji lembaga sosial dan fakta-fakta yang ada dalam berbagai struktur masyarakat. Durkheim meyakini bahwa dari kumpulan fakta yang terkait dengan tindakan dan pemikiran itu, ada kekuatan yang dapat mengendalikan individu.

Sebenarnya, lingkup sosiologi sendiri sangat luas karena mencakup hampir semua bidang kehidupan masyarakat. Seperti ekonomi, pendidikan, politik, agama, atau budaya. Dan tentu saja, semua bidang tersebut dilihat dari perspektif sosiologi. Dengan kata lain, ilmu ini juga melibatkan interaksi sosial yang terjadi antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, serta individu dengan kelompok.

Namun, pada dasarnya, sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari struktur sosial memiliki tiga lingkup utama, yaitu:

  1. Ilmu sosial (social science)
  2. Ilmu murni (pure science)
  3. Ilmu abstrak (abstract science)

Jenis-Jenis Sosiologi

  1. Sosiologi umum
  2. Sosiologi khusus
  3. Sosiologi sebagai ilmu terapan
  4. Sosiologi sebagai ilmu murni

Ciri-ciri utama sosiologi

  1. Teoritis
  2. Empiris
  3. Non-etis
  4. Kumulatif

ATP Sosiologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

Pendidikan Sosiologi Kelas 12.

Kawan guru Sosiologi kelas 12 SMA/Sederajat, ketika melaksanakan pelajaran Sosiologi di kelas 12 tentu diperlukan konsep pembelajaran yang jelas, agar pembelajaran Sosiologi di kelas 12 berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

ATP Sosiologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka yang kami bagikan pada kesempatan ini adalah solusi dari permasalahan Anda. Karena dalam ATP Sosiologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka mencakup konsep pembelajaran secara detail mulai dari tujuan pembelajaran, materi, waktu yang dialokasikan hingga penilaian pembelajaran.

Oleh karena itu, sebelum mengembangkan perangkat pembelajaran Sosiologi kelas 12, kami sarankan untuk mengunduh ATP Sosiologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka Sebagai kerangka dasar perangkat pembelajaran anda.

Karena nantinya ATP Sosiologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka ini bisa di kembangkan lebih lanjut untuk pembuatan Modul Ajar / RPP, dll.

Link Download ATP Sosiologi Kelas 12 SMA

Sahabat guru sosiologi,..

Download secara gratis ATP Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka. Kami telah membuat ATP Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka dalam format dokumen MS Word agar mudah diedit ataupun di revisi.

Tentunya selain mudah diubah, ATP Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan telah disesuaikan dengan dasar-dasar pembuatan ATP di implementasi kurikulum merdeka.

Tautan Unduhan dari ATP Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka tersedia di sini. Klik link unduh untuk mengunduh ATP Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2.

ATP Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini diperuntukkan bagi bapak/ibu guru yang belum memiliki ATP Sosiologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka.

ATP Sosiologi Kelas XII SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Sosiologi ATP Sosiologi Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.