Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Sosiologi Kelas 11 SMA. Secara harfiah, sosiologi berasal dari gabungan dua kata, yaitu “socius” (Latin) yang berarti teman dan “logos” (Yunani) yang berarti pengetahuan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Sosiologi mengkaji tentang perilaku manusia dan sosial dalam membangun kelompok. Contoh kelompok ini adalah keluarga, etnis, bangsa, organisasi politik.

Menurut Max Weber, sosiologi dapat dipahami sebagai ilmu yang mempelajari interaksi dan keterkaitan antara fenomena sosial yang berbeda seperti fenomena moral, fenomena agama, fenomena keluarga, fenomena ekonomi. 

Sedangkan pengertian Sosiologi menurut Emile Durkheim adalah ilmu yang mempelajari institusi sosial dan peristiwa yang ada dalam berbagai struktur masyarakat. Durkheim percaya bahwa dari rangkaian peristiwa yang berkaitan dengan tindakan dan pikiran, terdapat kekuatan yang dapat mengendalikan individu.

Bidang sosiologi sendiri sangat luas karena mencakup sebagian besar bidang kehidupan manusia. Seperti ekonomi, pendidikan, politik, agama atau budaya. Dan tentu saja, semua bidang ini dilihat dari sudut pandang sosiologis. Dengan kata lain, ilmu ini juga memperhatikan interaksi sosial yang terjadi antara individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, dan antara individu dengan kelompok.

Tapi, pada konsepnya, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari dan mengkaji struktur sosial dan memiliki 3 (tiga) lingkup utama, yaitu: Ilmu sosial (social science), Ilmu murni (pure science) dan Ilmu abstrak (abstract science).

ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Implementasi Kurikulum Merdeka

pendidikan sosiologi kelas 11.

Guru sosiologi kelas 11 SMA/sederajat pada saat mengajar sosiologi di kelas 11 perlu memiliki konsep pembelajaran yang jelas agar pembelajaran sosiologi kelas 11 dapat berlangsung sesuai rencana.

ATP Sosiologi Kelas 11 SMA Pada Pelaksanaan Program Belajar Mandiri atau kurikulum merdeka yang kami bagikan pada kesempatan kali ini adalah solusi dari permasalahan anda. 

Karena di ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Implementasi Kurikulum Merdeka meliputi konsep pembelajaran secara detail mulai dari tujuan pembelajaran, materi, waktu yang dialokasikan hingga penilaian pembelajaran.

Oleh karena itu, sebelum mengembangkan perangkat pembelajaran sosiologi kelas 11, kami sarankan Anda mengunduh ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka.

Kenapa perlu anda unduh, karena ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka ini merupakan kerangka dasar untuk pengembangan perangkat pembelajaran. ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka ini nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut untuk membuat Modul Ajar/RPP dll.

Link Download ATP Sosiologi Kelas 11 SMA

Sahabat Pendidik sosiologi,..

Unduh ATP Sosiologi Kelas 11 SMA Implementasikan kurikulum merdeka secara gratis. Kami telah membuat ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka dalam format dokumen MS Word untuk memudahkan pengeditan atau modifikasi.

Tentu saja, selain mudah untuk dimodifikasi, ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka yang kami bagikan telah disesuaikan dengan dasar-dasar pembentukan ATP dalam proses pelaksanaan program kurikulum merdeka.

Link download ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka tersedia disini. Klik link download untuk mendownload ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2. 

Dapatkan segera, karena seperti yang kami sampaikan tadi ATP Sosiologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka ini gratis.

ATP Sosiologi Kelas XI SMA Semester I dan II - Implementasi Kurikulum Merdeka

ATP Sosiologi ATP Sosiologi Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK (Implementasi Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.