Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Kimia Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Kimia Kelas 12 SMA. Kimia adalah  disiplin IPA (ilmu pengetahuan alam) yang bekerja secara paralel dengan disiplin ilmu lain seperti fisika, biologi, geologi, dan astronomi. 

Kimia adalah  cabang ilmu dasar yang secara khusus membahas tentang keberadaan materi dalam hal struktur, sifat, perubahan, dan perubahan energi yang menyertai perubahan tersebut (Jespersen, Brady, dan Hyslop, 2012).

Realitas menunjukkan bahwa minat siswa terhadap kimia umumnya rendah. Rendahnya minat siswa  terhadap pelajaran kimia disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain cara penyajian kimia  dalam buku pelajaran, cara guru mengajar kimia, informasi umum yang diterima siswa, serta tujuan dan sasaran siswa  mempelajari kimia.

Perpindahan dari kurikulum 2013 ke kurikulum mandiri membutuhkan perubahan arah pendidikan kimia. Tapi cara kita mempelajari kimia  tidak banyak berubah. Pendidikan kimia  sekolah menengah atas masih didominasi oleh guru yang memberikan informasi, ceramah, contoh dan  latihan (Redhana, 2011).

Kurikulum merdeka mendorong pendekatan ilmiah dalam pelaksanaan pembelajaran di semua mata pelajaran  pendidikan dasar dan menengah. Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan, sehingga pendekatan ini merupakan bagian integral dari pembelajaran kimia.

Sains  tidak hanya didefinisikan sebagai bidang pengetahuan seperti kimia, fisika, biologi, geologi, dan astronomi, tetapi juga sebagai metode pembelajaran yang dikenal dengan metode ilmiah. Metode ilmiah adalah suatu cara pengumpulan atau pengkajian informasi atau data yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang disebut juga  kegiatan ilmiah (Subagia, 2006). 

Pembelajaran kimia memerlukan sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah disamping menggunakan metode ilmiah.

ATP Kimia Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

Guru kimia yang dihormati oleh gurumapel.com  

Dalam pelaksanaan IKM atau kurikulum merdek, ATP Kimia Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK berfungsi sebagai kerangka awal pembelajaran Kimia  Kelas 12 dan sebagai acuan bagi guru Kimia Kelas 12 untuk melaksanakan pembelajaran. 

ATP Kimia Kelas 12 SMA Implementasi Kurikulum Merdeka memuat beberapa unsur Pembelajaran Kimia seperti Tujuan Pembelajaran, Materi, Profil Pancasila, Kata Kunci, Glosarium, Sumber Belajar maupun Penilaian. 

Silabus ATP Kimia Kelas 12 SMA Imlementasi Kurikulum Merdeka dirancang untuk memfasilitasi proses pembelajaran dan membantu siswa mencapai hasil belajarnya karena proses pembelajaran disusun dan direncanakan secara logis berdasarkan tingkatan tahapan atau fase.

 Guys, kita semua perlu tahu bahwa ATP ini memiliki fungsi yang mirip dengan silabus. ATP ini natinya bisa di kembangkan lagi menjadi Modul Ajar / RPP.

Link Download ATP Kimia Kelas 12 SMA

Guru kelas 12 kimia yang terhormat.

Unduh ATP Kelas 12 SMA ini secara gratis. Kami telah membuat ATP Kimia Kelas 12 SMA dalam format dokumen MS Word agar mudah diedit.

Tentunya selain mudah untuk diedit, silabus  atau ATP Kimia Kelas 12 SMA Merdeka yang kami bagikan ini sudah sesuai dengan peraturan atau pedoman dasar pembuatan ATP yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tautan unduhan ATP untuk kimia SMA kelas 12 tersedia di sini. Klik link untuk mengunduh dokumen ATP Kimia Kelas 12 SMA Merdeka Semester 1 dan 2.

ATP Kimia Kelas XII SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Kimia ATP Kimia Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.