Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Kimia Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Kimia Kelas 11 SMA. Kimia adalah salah satu disiplin ilmu (IPA) yang berfungsi paralel dengan disiplin ilmu lain seperti Kimia, biologi, geologi, dan astronomi.

Kimia adalah salah satu cabang ilmu dasar yang secara khusus membahas keberadaan materi dalam hal struktur, sifat, perubahan, dan perubahan energi yang menyertai perubahan tersebut (Jespersen, Brady, dan Hyslop, 2012).

Realitas menunjukkan bahwa minat siswa terhadap kimia umumnya rendah. Minat siswa yang rendah terhadap pendidikan kimia disebabkan oleh banyak faktor, antara lain bagaimana kimia diperkenalkan dalam buku pelajaran, bagaimana kimia diajarkan oleh guru, informasi publik yang diterima siswa, serta tujuan dan sasaran siswa dalam mempelajari kimia.

Perubahan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka menuntut adanya perubahan arah pendidikan kimia. Tapi cara kimia dipelajari kenyataannya tidak banyak berubah. Pembelajaran umum pendidikan kimia di sekolah menengah masih didominasi oleh guru yang memberikan informasi, ceramah, contoh, dan soal latihan (Redhana, 2011).

Kurikulum merdeka merekomendasikan agar pelaksanaan pembelajaran pada semua mata pelajaran di pendidikan dasar dan menengah dilakukan dengan pendekatan ilmiah (Science Approach). Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan, sehingga pendekatan ini merupakan bagian integral dari pembelajaran kimia.

Sains didefinisikan tidak hanya sebagai bidang pengetahuan seperti Kimia, fisika, biologi, geologi, dan astronomi, tetapi juga sebagai jenis pembelajaran yang dikenal sebagai metode ilmiah. Metode ilmiah adalah cara pengambilan atau pemeriksaan informasi atau data yang dilakukan sebagai bagian dari berbagai kegiatan yang disebut juga dengan kegiatan ilmiah (Subagia, 2006). 

Pembelajaran kimia memerlukan sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah disamping menggunakan metode ilmiah.

ATP Kimia Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka

Guru Kimia, yang gurumapel.com hormati,..

Dalam IKM atau Implementasi Kurikulum Merdeka, ATP Kimia Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK di jadikan sebagai kerangka awal pembelajaran Kimia di kelas 11, sebagai tolak ukur guru kimia kelas 11 dalam melaksanakan pembelajaran.

ATP Kimia Kelas 11 SMA di Kurikulum Merdeka memuat beberapa unsur Pembelajaran Kimia seperti Tujuan Pembelajaran, Materi, Profil Pancasila, Kata Kunci, Glosarium, Sumber Belajar dan Penilaian.

ATP Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka dirancang untuk memudahkan proses pembelajaran dan memudahkan siswa mencapai hasil belajar, karena proses pembelajarannya di susun secara logis dan terencana bedasarkan tingkatan fasenya.

Perlu bapak ibu ketahui bersama, ATP ini memiliki fungsi serupa dengan silabus pembelajaran.

Link Download ATP Kimia Kelas 11 SMA

Guru Kimia Kelas 11.

Download ATP  Kelas 11 SMA ini secara gratis. Kami telah membuat ATP Kimia Kelas 11 SMA dalam format dokumen MS Word agar mudah diedit. 

Selain mudah di edit, ATP Kimia Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka yang kami bagikan ini tentunya sudah sesuai dengan ketentuan atau pedoman dasar penyusunan ATP yang telah di gariskan pemerintah.

Tautan unduhan ATP Kimia Kelas 11 SMA  tersedia di sini. Klik link download dokumen untuk mendapatkan ATP Kimia Kelas XI SMA Semester I dan II Implemntasi Kurikulum Merdeka.

ATP Kimia Kelas XI SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Kimia ATP Kimia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.