Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Ekonomi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Ekonomi Kelas 12 SMA. Ekonomi adalah salah satu subjek sekolah yang mempelajari tentang perilaku baik individu maupun masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka yang tak terbatas ketika sumber daya terbatas tersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dalam mempelajari ekonomi, siswa diharapkan tidak hanya memahami konsep-konsep ekonomi, tetapi juga berperilaku baik, mengetahui berbagai kenyataan dan peristiwa ekonomi yang terjadi saat ini.

Setiap pembelajaran memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan mempelajari ilmu ekonomi dalam kurikulum merdeka adalah untuk membentuk siswa yang memiliki karakter Pancasila, selain itu dalam mempelajari ilmu ekonomi diharapkan siswa dapat:

  • Memahami konsep ekonomi untuk menghubungkan kejadian dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan individu, keluarga, masyarakat, dan negara.
  • Menunjukkan rasa ingin tahu terhadap berbagai konsep ekonomi yang diperlukan untuk mempelajari ekonomi.
  • Mengembangkan sikap bijaksana, rasional, dan bertanggung jawab melalui pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat di bidang keuangan, manajemen, dan akuntansi untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan negara.
  • Membuat keputusan yang bertanggung jawab tentang nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang beragam di tingkat nasional dan internasional.

Di era globalisasi ini, baik di perkotaan maupun di daerah, secara keseluruhan perlahan-lahan berubah dan berkembang dengan sangat cepat, menuntut manusia untuk dapat berpikir kritis jika ingin sukses, tidak hanya di dunia pendidikan tetapi juga dalam kehidupan setelah meninggalkan pendidikan formal.

Prinsip pembelajaran  kurikulum merdeka adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk secara kritis mengatasi masalah ini dalam situasi pemecahan masalah. Pembelajaran kreatif dimungkinkan dan dapat memecahkan masalah ini baik  sekarang maupun di masa depan. 

Keterampilan berpikir kritis sangat penting dalam pembelajaran ekonomi, karena mereka perlu membuat keputusan dan bereaksi terhadap peristiwa dan peristiwa ekonomi saat ini.

ATP Ekonomi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

Salam guru Ekonomi Kelas 12. 

Di Implemtasi Kurikulum Merdeka, ATP Ekonomi Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK merupakan kerangka dasar pengajaran bagi guru Ekonomi di Kelas 12 dalam melaksanakam pembelajaran.

ATP Kelas 12 SMA Ekonomi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa unsur pembelajaran Ekonomi, seperti tujuan pembelajaran, profil pancasila, materi, kata kunci, kosa kata, bahan kajian, penilaian, dll.

ATP Ekonomi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka memfasilitasi proses pembelajaran dan membantu siswa mencapai hasil belajar, karena pembelajaran disusun dan direncanakan secara logis, berdasarkan tingkatan atau tahapan yang direncanakan untuk itu.

Para guru Ekonomi, perlu anda pahami ATP Ekonomi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka ini memiliki misi yang sama dengan silabus pembelajaran di kurikulum sebelumnya. ATP ini nantinya dapat dikembangkan menjadi RPP / modul ajar.

Link Download ATP Ekonomi Kelas 12 SMA

Bapak/ibu,..

Unduh ATP Kelas 12 SMA Ekonomi ini secara gratis. Kami telah membuat ATP Ekonomi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka dalam format dokumen MS Word agar mudah direvisi.

Tentunya saja selain mudah diubah atau di revisi, ATP Ekonomi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka yang kami bagikan disesuaikan dengan prinsip pembuatan ATP Kurikulum Merdeka.

Tautan unduh ATP Ekonomi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka tersedia di sini. Unduh ATP Ekonomi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 ini dengan mengklik tautan unduh.

ATP Ekonomi Kelas XII SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Ekonomi ATP Ekonomi Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.