Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Ekonomi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Ekonomi Kelas 11 SMA. Ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran sekolah yang mengkaji tentang perilaku baik  individu maupun masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas ketika tersedia sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dalam mempelajari ekonomi, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami konsep-konsep ekonomi, tetapi juga berperilaku baik, mengetahui berbagai realitas dan peristiwa ekonomi yang terjadi saat ini.

Setiap pembelajaran memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan mempelajari ilmu ekonomi pada kurikulum merdeka adalah untuk membentuk peserta didik yang berkarakter pancasila, selain itu dalam mempelajari ilmu ekonomi di harapkan siswa dapat: 

  • memahami  konsep ekonomi untuk mengaitkan kejadian dan permasalahan ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan individu, rumah tangga, masyarakat dan negara; 
  • menunjukkan sikap ingin tahu terhadap berbagai konsep ekonomi yang diperlukan untuk mempelajari ekonomi; 
  • mengembangkan sikap arif, rasional dan bertanggung jawab melalui perolehan ilmu dan keterampilan yang bermanfaat di bidang keuangan, manajemen dan akuntansi  bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat dan negara; 
  • membuat keputusan yang bertanggung jawab tentang nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat majemuk di tingkat nasional dan internasional. 

Di era globalisasi ini, baik  di perkotaan maupun di daerah, secara keseluruhan perlahan-lahan berubah  dan berkembang dengan sangat cepat, menuntut manusia untuk dapat berpikir kritis jika ingin sukses, tidak hanya di dunia pendidikan. tetapi juga dalam kehidupan yang dijalani setelah meninggalkan pendidikan formal.  

Prinsip pembelajaran di kurikulum merdeka yaitu melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi  pembelajaran, dengan begitu manakala siswa berada dalam situasi pemecahan masalah, siswa harus mampu menghadapi masalah tersebut dengan pembelajaran yang kritis, kreatif dan mampu memecahkan masalah tersebut baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Kemampuan berpikir kritis  sangat penting ketika mempelajari ekonomi, karena membutuhkan pengambilan keputusan dan bereaksi terhadap kasus atau peristiwa ekonomi  saat ini.

ATP Ekonomi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka

Salam untuk anda guru Ekonomi Kelas 11. 

Dalam pelaksanaan IKM, ATP Ekonomi kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK merupakan kerangka dasar pengajaran  bagi guru Ekonomi di kelas 11 dalam melaksanakam pembelajaran. 

ATP  Kelas 11 SMA Ekonomi Kurikulum Merdeka mencakup beberapa unsur pembelajaran Ekonomi, seperti tujuan pembelajaran, profil pancasila, materi, kata kunci, kosa kata, bahan kajian, penilaian, dll. 

ATP Ekonomi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka  memfasilitasi proses pembelajaran dan membantu siswa mencapai hasil belajar, karena  pembelajaran disusun dan direncanakan secara logis, berdasarkan tingkatan atau tahapan yang direncanakan untuk itu. 

Para guru Ekonomi, harus kita ketahui bersama bahwa ATP Ekonomi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka memiliki misi yang sama dengan silabus pembelajaran di kurikulum sebelumnya. ATP ini nantinya dapat dikembangkan menjadi RPP, atau dalam Implementasi Kurikulum Merdeka disebut modul ajar.

Link Download ATP Ekonomi Kelas 11 SMA

Guru Ekonomi kelas 11,

Download ATP Kelas 11 SMA Ekonomi ini gratis. Kami telah membuat ATP Ekonomi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka dalam format dokumen MS Word agar mudah diedit.

Tentunya selain mudah dimodifikasi, ATP Ekonomi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka yang kami bagikan disesuaikan dengan  prinsip pembuatan ATP Kurikulum Merdeka. 

Tautan unduhan  ATP Ekonomi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka tersedia di sini. Download ATP Ekonomi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 ini dengan mengklik link download.

ATP Ekonomi Kelas XI SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Ekonomi ATP Ekonomi Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.