Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Biologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Biologi Kelas 12 SMA. Planet bumi merupakan rumah bagi berbagai macam bentuk kehidupan, mulai dari mikroba hingga tanaman dan hewan yang kompleks. Biologi mempelajari keanekaragaman kehidupan, struktur organisme, proses fisiologis, interaksi antara organisme dan hubungannya dengan lingkungan. Oleh karena itu, biologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan. Istilah biologi terdiri dari  dua kata  Yunani, "bio" yang berarti kehidupan dan "logos" yang berarti "ilmu". 

Biologi tidak hanya membantu manusia memahami dirinya sebagai makhluk hidup dan lingkungannya, tetapi juga membantunya memecahkan berbagai masalah kehidupan. Penemuan-penemuan seperti vaksin dan benih berkualitas tinggi merupakan contoh  masalah yang dipecahkan melalui penelitian ilmiah yang sistematis dengan menggunakan metode ilmiah, namun beberapa di antaranya  ditemukan secara kebetulan.

Pertumbuhan penduduk akan memberikan dampak yang signifikan, antara lain: B. Meningkatnya permintaan akan makanan dan sumber daya alam  menyebabkan kerusakan lingkungan, mengurangi keanekaragaman tumbuhan dan hewan, serta memperparah masalah kesehatan manusia. Keadaan ini mendorong para ahli biologi untuk giat bekerja  meningkatkan kualitas lingkungan, melestarikan keanekaragaman hayati, melawan penyakit,  meningkatkan produksi pangan, dan menemukan sumber pangan baru.

Sebagai bagian dari kurikulum merdeka, mata pelajaran biologi diperkenalkan kepada siswa SMA mulai kelas 10 dan masuk ke ranah IPA. Di Kelas 12 dan 12,  biologi dipisahkan dari IPA dan menjadi mata pelajaran Biologi tersendiri.

ATP Biologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

Guru Biologi, Kelas 12 Terhormat... 

Di Implemetasi Kurikulum Merdeka, ATP Biologi Kelas 12 SMA/MA/SMK/MAK merupakan dokumen awal perencanaan pembelajaran yang dirancang berdasarkan alur pembelajaran dan tujuan pembelajaran untuk mencapai hasil belajar atau capaian pembelajaran Biologi di Kelas 12.

ATP Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka memuat beberapa rencana kegiatan pembelajaran biologi seperti tujuan pembelajaran, materi, petunjuk, profil pancasila, kata kunci, rencana kegiatan pembelajaran, glosarium, sumber belajar dan penilaian. 

Pada pelaksanaannya, ATP Biologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka ini dimaksudkan untuk memudahkan proses pembelajaran dan memungkinkan siswa mencapai hasil belajarnya.

Link Download ATP Biologi Kelas 12 SMA

Bapak ibu-guru biologi kelas 12.

Unduh gratis ATP Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka yang telah kami buat ini, adapun bentuk ATP Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka kami buat dalam format dokumen MS Word sehingga Anda dapat mengeditnya dengan sangat mudah.

Jika teman guru biologi kelas 12 Anda belum membuat ATP Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka dan Anda menginginkan ATP Biologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka, silahkan download langsung dan gunakan ATP Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini sesuka anda.

Link download ATP Biologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka tersedia disini. Klik link dokumen untuk mendapatkannya.

ATP Biologi Kelas XII SMA Semester I dan II - Kurikulum Merdeka

ATP Biologi ATP Biologi Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK (Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.