Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

ATP Antropologi Kelas 12 SMA. Antropologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang manusia, yaitu mempelajari ras manusia, atribut fisiknya, budayanya, perilakunya, dan sebagainya. Antropologi sendiri bersumber dari 2 kata, yaitu anthropos yang memiliki arti manusia dan logos yang berarti pengetahuan.

Menurut Keesing dkk, antropologi adalah studi tentang manusia, baik dalam perannya sebagai bagian dari dunia hewan maupun dalam perannya sebagai bagian dari kehidupan sosial. 

Sedangkan Menurut Koentjaraningrat, Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia secara umum dengan mempelajari berbagai variasi, bentuk fisik masyarakat, dan budaya yang dihasilkan. Berbeda dengan itu, William A. Havilland menyatakan bahwa Antropologi adalah studi tentang manusia, berusaha membuat generalisasi yang berguna tentang manusia dan perilakunya, serta untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang keragaman manusia.

Dari beberapa definisi di atas, dapat dijelaskan bahwa antropologi adalah sebuah ilmu (studi) yang mempelajari semua aspek manusia, yang meliputi aspek fisik dan nonfisik seperti warna kulit, tipe rambut, bentuk mata, budaya, aspek politik, dan berbagai pengetahuan tentang pola kehidupan lainnya yang bermanfaat.

Dalam kurikulum merdeka, Antropologi mulai diperkenalkan dan diajarkan di SMA Kelas 11. Oleh karena itu, untuk mendukung guru dalam melaksanakan proses pembelajaran Antropologi Kelas 11 SMA di kurikulum Merdeka, kami membagikan kepada Anda ATP Antropologi Kelas 11 SMA | Kurikulum Merdeka..

ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka

Antropologi kelas 12. 

Saat anda melaksanakan kegiatan pembelajaran Antropologi di kelas 12 tentunya anda memerlukan konsep pembelajaran yang jelas untuk memastikan bahwa pembelajaran Antropologi di kelas 12 yang anda lakukan berjalan sesuai rencana dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.  

Pada kurikulum merdeka, konsep dasar pembelajaran di tuangkan dalam bentuk ATP. Maka sudah jelas tentunya, konsep dasar pembelajaran Antropologi di kelas 12 di kurikulum merdeka di tuangkan dalam bentuk ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka. 

Perlu anda pahami, ATP ini miliki fungsi yang sama dengan Silabus. Jadi ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka ini merupukan kerangka dasar pembelajaran sama halnya dengan silabus di kurikulum 2013 kemarin.

ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka ini nantinya dapat di kembangkan dalam bentuk komponen pembelajaran lainnya semisal Modul Ajar dan juga yang lainnya.

Oleh karena itu, sebagai guru Antropologi di kelas 12 tentunya anda harus memiliki ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka ini.

Link Download ATP Antropologi Kelas 12 SMA

Guru Antropologi SMA Kelas 12... 

Sesuai dengan judul postingan, admin berbagi kepda anda ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka. Silahkan Unduh ATP Antropologi Kelas 12 SMA Kurikulum Merdeka ini gratis. Kami telah membuat ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka dalam format dokumen MS Word untuk anda agar mudah di modifikasi dan revisi. 

Tentunya ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka Tidak Hanya Mudah di ubah tetapi juga telah disesuaikan dengan landasan dasar pembuatan ATP di kurikulum merdeka. 

Download ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka, untuk link download tersedia di sini. Klik link download untuk mendapatkan ATP Antropologi Kelas 12 SMA | Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2.

ATP Antropologi Kelas XI SMA Semester I dan II - Implementasi Kurikulum Merdeka

ATP Antropologi ATP Antropologi Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK (Implementasi Kurikulum Merdeka) Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kontak Kami

Nama Email * Pesan *